Waspada Nyeri Sendi

DokterSehat.Com – Nyeri sendi bisa dialami oleh setiap bagian tubuh manusia tanpa terkecuali. Nyeri pada sendi lebih sering terjadi pada tangan dan kaki yang biasanya memiliki tugas yang berat. Kaki sebagai penompang dan tangan selalu berkerja. Nyeri sendi bisa muncul karena adanya peradangan pada daerah sendi terutama jika adanya gangguan pada jaringan cairan pelumas sendi.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Olahraga secara teratur dapat membantu para penderita radang atau nyeri sendi/ Rheumatoid Arthritis (RA). Dengan berolahraga, nyeri akan berkurang dan otot tidak akan kaku lagi.  Bila tidak aktif melakukan olahraga, otot dan sendi akan semakin lemah. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah:

Lakukan aerobik ringan seperti naik tangga, berjalan, jogging dan menari. Aerobik ringan ini dapat membantu tubuh tetap bugar serta memengurangi resiko penyakit jantung dan nyeri sendi.  Mulailah melakukan aerobik ringan untuk beberapa menit setiap hari. Tingkatkan waktunya  secara bertahap dari 5 menit ke 10 menit hingga 60 menit (1 jam).

Tambahkan olahraga beban 2-3 kali seminggu. Olahraga yang menggunakan beban dapat meningkatkan kekuatan otot serta mobilitasnya sehingga bisa mengurangi nyeri sendi. Gunakan band elastis atau beban. Mulai menggunakan beban paling ringan yang kemudian ditingkatkan sedikit demi sedikit.

Berenang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan. Berenang akan membantu memperkuat sendi di seluruh tubuh terutama sendi di pungung, tangan dan kaki. Untuk permulaannya, berenanglah beberapa menit dengan bantuan papan pengapung. Tingkatkan waktunya dari beberapa menit menjadi 10 hingga 30 menit (1/2 jam). Ketika sudah terbiasa dengan air, papan pengapung bisa dilepas.

Isometric merupakan salah satu olahraga peregangan yang ringan namun bagus untuk penderita nyeri sendi. Biasanya peregangan ini sering dilakukan sebelum melakukan olahraga yang berat. Peregangan banyak jenis jadi lebih baik mencari orang yang sudah menguasai isometric seperti pelatih gym.

Baca Juga:  Manfaat dan Khasiat Buah Apel

Thai Chi dapat meningkatkan kelenturan tubuh, otot dan sendi. Thai chi merupakan serangkaian gerakan yang penuh kelembutan sehingga dapat menciptakan ketenangan batin dan keseimbangan antara kelenturan serta otot. Ini merupakan salah satu olahraga yang tidak akan memberatkan penderita nyeri sendi.

Beberapa faktor bisa menyebabkan tiumbulnya rasa sakit atau nyeri di tubuh, yaitu:

  • Salah posisi ketika tidur sehingga membuat beberapa bagian tubuh merasa sakit keesokan harinya. Kondisi ini seringkali membuat seseorang tidak tahu mengapa tubuhnya terasa sakit di pagi hari.
  • Jika seseorang melakukan kegiatan fisik lalu tiba-tiba langsung beristirahat dengan memanjakan diri maka bisa menyebabkan nyeri. Kondisi ini dikenal dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) yang disebabkan oleh akumulasi asam laktat pada bagian tubuh yang berbeda.
  • Adanya fibromyalgia yang lebih banyak mempengaruhi perempuan. Hal ini disebabkan adanya kelainan pada sistem saraf pusat yang kadang disertai dengan gejala depresi.
  • Kondisi rheumatoid arthritis yang mempengaruhi sendi juga bisa menjadi penyebab rasa sakit tiba-tiba.