Waspada Masalah Pada Kelamin Pria Ini

DokterSehat.Com – Meskipun disebut sebagai salah satu organ paling vital bagi kaum pria, dalam realitanya, alat kelamin pria cenderung tidak dijaga kesehatannya dengan seksama. Tak percaya? Cobalah anda bertanya pada diri anda sendiri apa yang telah anda lakukan untuk menjaga kesehatan alat kelamin selain membersihkannya saat mandi? Hampir tidak ada bukan? Padahal, kita harus mewaspadai berbagai masalah pada alat kelamin karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang berbahaya. Apa sajakah masalah pada kelamin pria yang sebaiknya kita waspadai?

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

Masalah pada kelamin yang pertama yang harus diwaspadai adalah jika kulit kepala penis cenderung mengkerut. Jika hal ini terjadi, apalagi jikaada tanda-tanda layaknya keputihan pada kepala penis, bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon atau sistem kekebalan tubuh yang disebut sebagai lichen sclerosus. Masalah pada kelamin ini harus segera diobati karena bisa memicu penyumbatan pada saluran kemih atau bahkan penyakit kanker.

Masalah pada kelamin pria berikutnya adalah patch yang bisa dilihat sebagai bintik-bintik kemerahan pada bawah kepala penis. Memang, bintik-bintik kemerahan ini cenderung tidak menyakitkan. Namun, patch harus diwaspadai karena bisa jadi ini adalah gejala awal dari kanker penis. Sebelum menjadi hal yang lebih berbahaya, ada baiknya hal ini diperiksakan kondisinya ke dokter.

Penis yang melengkung di kala ereksi kerap kali dianggap sebagai hal yang wajar. Padahal, jika lengkungan penis ini cenderung tidak wajar, apalagi jika ada sensasi keras pada bagian bawah kulit, bisa jadi penis sedang terkena masalah penyakit peyronie. Peyronie sendiri bisa dijelaskan sebagai penumpukan jaringan parut pada penis yang bisa memicu rasa nyeri pada saat berhubungan intim. Dalam beberapa kasus, peyronie bisa menyebabkan penis patah saat berhubungan intim.

Baca Juga:  Melamun Bisa Tingkatkan Kreativitas

Masalah pada kelamin pria lainnya adalah jika buang air kecil disertai dengan darah. Selain menjadi tanda adanya masalah batu ginjal, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah pembesaran dalam prostat atau bahkan kanker. Segera periksakan kondisi ini ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar tidak ada masalah kesehatan yang lebih berbahaya yang akan muncul.