Waspada Masalah Kesehatan Gigi Pada Masa Kehamilan

DokterSehat.Com – Jika anda sedang hamil maka Berhati-hatilah dengan kesehatan gigi Anda. Selama kehamilan, ada dua hal yang akan berdampak pada kesehatan gigi Anda.



  • Perubahan hormonal yang cenderung melemahkan gigi dan gusi. Radang gusi (gingivitis) sering terjadi dan mengakibatkan rasa sakit, pembengkakan, perdarahan, dan kadang-kadang dalam kasus yang langka, melonggarnya gigi-gigi. Beberapa wanita dapat mengidap tumor kehamilan pada gusi mereka yaitu benjolan gusi yang terasa sakit dan berwarna ungu kemerahan.
  • Pola makan. Wanita hamil sering mengalami mual dan muntah-muntah serta mengubah kebiasaan makan. Mereka juga seringkali mengidam yang manis-manis sehingga menyebabkan gigi berlubang dan membusuk. Beberapa studi menunjukkan bahwa bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi ditularkan dari ibu ke anak. Jadi berhati-hatilah terhadap apa yang Anda makan. Penting sekali untuk mengurangi makanan ringan yang manis-manis dan menyantapnya sesudah makan besar, bukan di antara waktu makan.

Jika terjadi masalah gigi selama kehamilan, beritahu dokter gigi Anda jika Anda sedang hamil. Perawatan gigi selama trimester pertama harus dihindari sebisa mungkin. Itu adalah masa penting pertumbuhan dan perkembangan bayi sehingga sebaiknya menghindari tindakan pada ibu yang bisa berpengaruh pada bayi. Namun, perawatan gigi rutin boleh dilakukan selama trimester kedua. Semua tindakan gigi yang dapat ditunda sebaiknya ditunda sampai setelah melahirkan.

Sebagian besar obat tidak dianjurkan selama kehamilan, termasuk obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, atau piroksikam. Obat-obatan tertentu seperti tetrasiklin dapat memengaruhi perkembangan gigi anak Anda dan tidak boleh diberikan selama kehamilan. Beritahu dokter gigi Anda semua obat yang Anda pakai. Dokter gigi mungkin harus mengubah rencana perawatan gigi Anda berdasarkan informasi tersebut.

Nutrisi sangat penting selama kehamilan karena bayi Anda mendapatkan nutrisi dari tubuh Anda. Dengan makan yang benar, Anda bisa mulai merawat gigi bayi dari sejak awal kehamilan. Gigi bayi Anda mulai berkembang pada sekitar tiga bulan usia kehamilan Anda.

Baca Juga:  Tanda Bahaya Saat Hamil

Pastikan untuk memasukkan makanan dengan kalsium dan vitamin D dalam menu Anda. Produk susu, keju dan yogurt merupakan sumber mineral yang penting dan baik untuk perkembagan gigi, gusi dan tulang bayi Anda. Dokter Anda dapat memberi informasi untuk membantu Anda makan dengan baik selama kehamilan.