Waspada, Malas Mencuci Baju Baru Bisa Membuat Resiko Kanker Meningkat

DokterSehat.Com– Karena sangat antusias setelah mendapatkan baju baru, cukup banyak orang yang langsung menggunakan baju baru tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu. Meskipun terlihat sepele, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini cukup berbahaya untuk dilakukan. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan fakta mengejutkan tentang kebiasaan memakai baju baru yang belum dicuci, yakni meningkatnya resiko terkena kanker. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Pakar kesehatan dermatologi Donald Belsito yang berasal dari Columbia University Medical Center yang ada di kota New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa sebagian produsen baju ternyata menggunakan bahan kimia khusus pada baju baru. Penggunaan bahan kimia ini ditujukan untuk mencegah pakaian langsung mengkerut setelah dicuci. Sayangnya, bahan kimia ini ternyata bisa memicu reaksi alergi andai baju langsung digunakan tanpa sempat dicuci terlebih dahulu.

Bahan kimia yang dikenal sebagai formaldehida ini juga digunakan pada baju baru untuk mencegah munculnya jamur. Sayangnya, formaldehida ternyata bisa memberikan pengaruh buruk andai terpapar langsung pada kulit, khususnya dalam menyebabkan reaksi alergi hingga meningkatkan resiko kanker dengan signifikan.

Belsito sendiri menyarankan kita untuk segera mencuci pakaian yang baru kita beli sebelum digunakan. Tak hanya sekali, Belsito bahkan meminta kita mencucinya dua kali. Bilaslah pakaian hingga warna dari pakaian ini keluar dan gosoklah bagian yang kerap terkena keringat layaknya kerah atau keringat. Setelah dicuci dan dikeringkan, barulah pakaian baru ini bisa kita gunakan dengan aman.

Jika menggunakan baju baru tanpa dicuci bisa berbahaya bagi kesehatan, apakah hal yang sama juga terjadi andai kita mencoba baju di tempat perbelanjaan? Wall Street Journal menyebutkan bahwa mencoba baju di tempat perbelanjaan ternyata juga bisa menyebabkan reaksi alergi, terkena serangan kutu, atau bahkan menularkan penyakit tertentu. Hal ini berarti, kita juga harus berhati-hati saat melakukannya.