Waspada, Malas Cuci Stocking Bisa Picu Infeksi Jamur

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang memperlakukan stocking layaknya celana jins. Kerap dipakai tapi jarang dicuci. Stocking baru dicuci setelah ia kotor dan bau.

doktersehat-wanita-seksi-stoking

Mulai sekarang, jangan malas mencuci stocking setelah dipakai. Pasalnya, mencuci stocking setelah dipakai lebih dari satu kali membuat stocking yang Anda gunakan menjadi sarang bakteri.

Dilansir dari Daily Mail, para ahli pun menyarankan agar stocking harus dicuci setelah dipakai. Ada beberapa cara yang tetap dapat membuat stocking Anda tidak rusak meski harus dicuci berulang kali. Seperti diketahui, stocking terbuat dari campuran bahan sintetis seperti spandex dan nilon.

Kain-kain jenis ini menyimpan kehangatan dan kelembaban, lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri dan jamur, papar dokter kebidanan dan kandungan, Dr Radhika Rible.

Dikatakan Radhika, kebiasaan ini bisa membuat para wanita menderita infeksi jamur. Terutama ketika Anda memakainya tanpa menggunakan celana dalam berbahan katun. Meski demikian, panas dan kelembaban dalam bahan tersebut memicu masalah ketika berkeringat dari organ intim hingga kaki.

Kondisi itu dapat menyebabkan infeksi jamur seperti athlete foot yang membuat kaki panas dan gatal. Jamur menyukai kelembaban dan keringat, papar Dr. Bob Baravarian.

Ahli dermatologi, Dr. Carlos Charles mengungkapkan, hal tersebut akan diperparah ketika stocking melekat di kulit seperti celana yoga dan juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

Keringat yang ada di tubuh selama beberapa waktu menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebihan yang memperparah jerawat, ungkap Dr. Carlos Charles.

Beberapa ahli pun menyarakan agar stocking tidak diperlakukan seperti celana jins. Anda harus segera mencucinya setelah dipakai, seperti pakaian dalam dan kaos kaki.

BACA JUGA : Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang