Waspada Makanan Ini Bisa Menyebabkan Iritasi Pada Saluran Kemih

DokterSehat.Com – Pernahkah anda merasakan rasa sakit atau nyeri yang ada pada bagian perut bawah? Rasa sakit ini bisa jadi berkaitan dengan saluran kemih yang memang terletak pada area perut tersebut. Saat saluran kemih mengalami iritasi, maka kita biasanya akan kesulitan mengatur kegiatan buang air kecil. Kadang kala kita bisa susah mengeluarkan air seni atau bahkan kesulitan menahan air seni. Iritasi pada saluran kemih ini bisa saja disebabkan oleh kandungan makanan atau minuman yang bisa kita konsumsi. Apa sajakah asupan yang bisa menyebabkan iritasi pada saluran kemih?

doktersehat-organ-intim-wanita

Makanan pedas layaknya sambal adalah salah satu jenis makanan yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanpa adanya pedas, makanan akan terasa kurang sedap dan nikmat. Sayangnya, makanan yang pedas juga bisa memicu iritasi pada saluran kemih. Selain sambal, merica, bawang putih yang masih mentah juga bisa membuat saluran kemih teriritasi. Selain makanan pedas, jika kita mengkonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan, saluran kemih kita juga akan beresiko terkena iritasi. Makanan-makanan yang mengandung pemanis buatan adalah minuman bersoda, makanan yang diklaim bebas gula, atau bahkan beberapa makanan diet. Periksa kembali bahan-bahan apa saja yang ada pada makanan atau minuman tersebut. Jika ada pemanis buatan, ada baiknya kita mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Beberapa jenis minuman layaknya minuman berkafein dan minuman beralkohol juga akan sangat buruk bagi saluran kemih kita. Minuman beralkohol memiliki cairan diuretik akan membuat otot-otot saluran kemih bisa mengalami iritasi. Banyak dari mereka yang menyukai minuman beralkohol akhirnya sulit menahan air seni. Minuman berkafein juga memiliki cairan pelarut yang membuat tubuh semakin banyak memproduksi urine. Bahan-bahan ini akan mudah membuat iritasi pada saluran kemih.

Baca Juga:  Ras Juga Bisa Berpengaruh Pada Resiko Penyakit Sendi

Perhatikan pula jika kita mengkonsumsi makanan sehat atau makanan diet. Beberapa jenis buah-buahan yang asam ternyata bisa memicu iritasi pada saluran kemih. Selain itu, jika kita sering mengkonsumsi makanan diet dengan pilihan menu yang mudah bergatnti, maka saluran kemih juga bisa mudah teriritasi. Cobalah untuk memakai pilihan makanan diet yang tidak sering berganti-ganti agar diet bisa maksimal sekaligus mencegah iritasi pada saluran kemih.