Waspada Langsung Tidur Setelah Makan Bisa Sebabkan GERD

DokterSehat.Com – Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.



Berdasarkan keterangan yang kami kutip dari beritasatu.com, dokter spesialis penyakit dalam konsultan lambung dan pencernaan dari RSCM Jakarta, Ari Fahrial Syam mengatakan, penanganan masalah GERD tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi obat penekan asam lambung, melainkan juga harus disertai perubahan gaya hidup.

Prinsip utama mengobati pasien GERD adalah menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi asam lambung. Tata laksananya sendiri berupa obat-obatan dan perubahan gaya hidup, kata Ari Fahrial Syam, Jakarta, Jum’at (15/5).

Anda juga sebaiknya Waspada, langsung tidur setelah makan bisa sebabkan GERD. Karena itulah, Dokter Ari mengatakan bahwa anda jangan tidur dalam waktu dua jam setelah makan. Karena langsung tidur setelah makan akan memudahkan isi lambung termasuk asam lambung berbalik arah kembali ke kerongkongan.

Tidak hanya itu, sebaiknya anda juga menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas, kopi, alkohol, cokelat, keju, atau minuman bersoda yang akan memperburuk timbulnya GERD tersebut.

Satu lagi yang tak kalah pentingnya, stres juga tentu harus anda hindari. Karena stres, ialah faktor yang paling sering menimbulkan masalah pencernaan.