Waspada, Kondisi Rambut Seperti Ini Menandakan Penyakit Tertentu

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika kondisi rambut kita ternyata bisa menandakan adanya penyakit tertentu? Berikut adalah beberapa masalah kesehatan rambut yang sebaiknya kita waspadai.

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Rambut semakin tipis
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rambut yang semakin menipis ternyata menandakan adanya masalah sistem kekebalan tubuh atau kekurangan berbagai nutrisi seperti vitamin.

Rambut rapuh
Rambut yang rapuh dan pecah-pecah bisa jadi adalah tanda dari penyakit anemia atau gangguan tiroid.

Rambut rontok
Rambut rontok bisa jadi disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu yang bisa merusak folikel rambut. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh terganggunya keseimbangan hormon, khususnya jika hormon kortisol atau yang kerap disebut sebagai hormon stress berada dalam jumlah yang berlebihan. Jika kerontokan juga ditandai dengan hal lain seperti kenaikan berat badan atau otot yang lemah, bisa jadi hal ini adalah tanda masalah kesehatan yang lebih serius dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Ketombe
Ketombe kerap kali dikaitkan dengan rambut yang kurang mendapatkan perawatan dengan baik. Namun, jika setelah kita merawat rambut dengan lebih baik ketombe ternyata tetap saja muncul, bisa jadi hal ini adalah masalah kesehatan yang lebih serius. Sebagai contoh, jika ketombe ini berupa kulit kepala yang mudah mengelupas, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh psoriasis, masalah kesehatan yang terkait dengan kesehatan jantung atau sindrom metabolic.

Rambut kering
Rambut kering ternyata bisa disebabkan oleh perubahan keseimbangan hormon. Hal ini bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil atau yang mulai memasuki fase menopause.