Waspada Kesuburan Pria Menurun Karena Berbagai Penyebab Berikut

DokterSehat.Com – Pasangan suami istri, khususnya yang baru saja menikah tentu akan sangat mendambakan seorang anak sebagai pelengkap mahligai rumah tangga. Untuk memastikan bahwa pasangan suami istri bisa mendapatkan anak, keduanya tentu harus mendapatkan tingkat kesuburan yang baik. Sayangnya, beberapa pria justru mengalami gangguan pada kesuburan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh, sperma yang dimiliki oleh pria yang cenderung lambat, berjumlah sangat sedikit, hingga berkualitas buruk bisa berpengaruh pada baik buruknya rasio pasangan mendapatkan keturunan. Berikut adalah beberapa penyebab dari menurunnya tingkat kesuburan pada pria.

doktersehat-rokok

Gaya hidup pria modern kerap kali menjadi penyebab utama mengapa tingkat kesuburan pria menurun. Pekerjaan yang memberikan tingkat stress yang sangat tinggi ternyata juga bisa berpengaruh besar pada tingkat kesuburan pria. Stress akan membuat tubuh melepaskan hormon yang sangat buruk bagi kesehatan organ-organ tubuh, termasuk diantaranya adalah sistem reproduksi pria. Selain itu, seringnya pria menggunakan laptop untuk bekerja dengan memangkunya di paha juga bisa berpengaruh pada kualitas sperma sang lelaki mengingat panasnya laptop ternyata berpengaruh besar pada kualitas sperma. Selain karena pengaruh laptop, jika pria cenderung suka mandi dengan air hangat ternyata juga memberikan resiko yang sama dalam hal membuat kualitas kesuburan pria yang menurun.

Pria yang mengalami obesitas atau berat badan yang berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan kualitas sperma menurun drastis. Bahkan, berat badan yang berlebihan ini akan mempengaruhi hormon yang berguna bagi kesehatan sperma sehingga kuantitas sperma pun tidak sesuai dengan yang dibutuhkan untuk membuahi indung telur. Mereka yang cenderung memiliki hobi bersepeda juga bisa memiliki resiko mendapatkan penurunan kesuburan mengingat tekanan pada daerah testis akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas sperma.

Baca Juga:  Gejala-Gejala Kanker Penis Pada Pria yang Harus Diwaspadai

Pria yang melakukan gaya hidup buruk dimana pria mengalami malnutrisi, hobi merokok, atau bahkan menenggak alkohol akan membuat resiko pria mengalami ketidaksuburan cukup tinggi. Pakar kesehatan sudah sejak lama mewanti-wanti dampak buruk dari racun rokok bagi tingkat seksualitas pria mengingat kemampuannya dalam membuat masalah disfungsi ereksi. Hal yang sama akan terjadi jika pria memiliki hobi menenggak alkohol yang ternyata berpengaruh besar pada sistem reproduksi pada pria.