Waspada Kesehatan Buah Hati Anda, Sosis Bisa Menyebabkan Kanker

DokterSehat.Com – Pasti semua sudah tau apa itu sosis, sosis adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali iklan-iklan di tv tentang sosis, dan menggambarkan betapa enaknya sosis itu. Sosis itu sendiri terbuat dari daging cincang dan beberapa bahan lainnya dan sering di jumpai berbentuk bulat panjang seperti jari-jari manusia.

7

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jenis olahan daging ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kanker, terutama kanker usus besar dan kanker prostat.

Lalu, apa sih kandungan di dalam sosis yang dapat mengancam kesehatan tersebut? Nama dari zat tersebut adalah Sodium nitrate. Sodium nitrate merupakan garam yang berfungsi sebagai pengawet pada olahan-olahan daging seperti sosis ini. Zat ini pula yang membuat sosis nampak lebih merah dan menarik serta lebih enak rasanya. Menurut Mayo Clinic, sodium nitrate ini ternyata dapat merusak pembuluh darah serta menyebabkan diabetes.

Lalu, apakah harus menghentikan sama sekali konsumsi sosis bagi anak-anak? Tentu saja tidak, Bunda. Berdasar informasi di atas, Anda hanya perlu mengecek ingredients yang tertera pada kemasan sosis dan memastikan bahwa tidak ada sodium nitrate di dalamnya. Atau mungkin Anda bisa membuat sosis sendiri yang tentu saja akan jauh lebih sehat dan aman bagi buah hati Anda.

Dengan mengetahui hal di atas, ada baiknya lebih waspada terhadap beragam jenis makanan di sekitar Anda dan buah hati ya, Bunda. Semoga informasi di atas menginspirasi dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan buah hati dan keluarga yang selalu menjadi prioritas Anda.