Waspada Keramas Di Salon Bisa Memicu Stroke

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, salon adalah tempat yang bisa menjadi tempat untuk memanjakan diri dan menghilangkan stress. Selain menawarkan jasa merapikan rambut, salon juga bisa menjadi tempat yang menenangkan karena menawarkan pemijatan, terapi kecantikan, hingga perawatan pada kuku. Dibalik banyaknya layanan yang bisa kita gunakan pada salon, sebuah fakta mengejutkan justru diungkapkan oleh seorang profesor neurologi dari Harvard Medical School bernama Aneesh Singhal, M.D dimana layanan pada salon layaknya keramas ternyata bisa memicu penyakit stroke hingga kematian dini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-rol-hairdryer

Meskipun tidak memiliki kaitan secara langsung dan masih menjadi perdebatan di dunia medis, Singhal meyakini jika aktifitas berkeramas yang membuat kepala seseorang dibaringkan pada sink atau tempat pencucian rambut ternyata bisa memicu stroke. Pendapat ini bahkan diperkuat adanya kejadian yang menimpa wanita berusia 48 tahun yang terserang stroke karena melakukan perawatan dambut pada salon. Posisi kepala yang bersandar pada sink ternyata cenderung kurang nyaman dan bisa mengganggu salah satu dari empat pembuluh darah arteri yang mendistribusikan darah ke otak. Posisi ini juga akan memicu hiperekstensi yang kemudian akan menyebabkan penyumbatan pada arteri dan akhirnya memicu stroke.

Memang, tidak semua gangguan atau kerusakan pada pembuluh darah arteri akan memicu stroke. Hanya saja, kita tentu harus mewaspadai adanya fakta ini mengingat penyumbatan pada darah cenderung tidak memberikan gejala nyeri dan baru akan terasa saat kerusakan sudah cukup parah dimana alis dan leher akan terasa sakit, penglihatan dan kemampuan berbicara juga akan terganggu selama beberapa hari.

Singhal menuturkan jika anda haruslah waspada jika sudah mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas karena jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan medis yang tepat, maka kita pun meningkatkan resiko terkena stroke yang bisa sangat mematikan.