Waspada Kenaikan Berat Badan di Musim Hujan

DokterSehat.Com – Musim hujan kerap kali dianggap sebagai masa dimana kita akan menjadi lebih mudah merasa lapar. Kita memang cenderung akan membeli lebih banyak camilan yang akan kita makan di sela-sela waktu makan tiga kali sehari untuk menghilangkan rasa lapar di tengah-tengah musim hujan yang dingin dan lembab. Hal ini tentu saja bisa memicu tubuh menjadi lebih gemuk yang tentu saja akan sulit untuk diturunkan kembali. Berikut adalah beberapa cara agar tubuh tidak mudah gemuk di kala musim hujan.

doktersehat-diet-buncit

Pengaruh Suhu dan Faktor Hormon
Tubuh memang cenderung akan jauh lebih mudah lapar dan ingin sering-sering makan jika suhu udara lebih dingin layaknya musim hujan. Jajanan yang mengenyangkan layaknya mie, roti, dan makanan sejenisnya tentu akan sangat enak dinikmati di kala musim hujan. Jika tubuh kita mengalami rasa lapar ini, maka tubuh sedang mengalami gangguan mental sementara di waktu musim hujan yang disebut sebagai Seasonal Affective Disorder. Memang, kebiasaan ini bisa memicu tubuh yang jauh lebih gemuk, namun jika perut merasa kenyang di musim hujan, tubuh juga akan memproduksi hormon bahagia.

Tahukah anda, secara biologis tubuh akan cenderung ingin menyimpan banyak lemak di dalam tubuh untuk membuat tubuh bisa bertahan di cuaca yang cenderung lebih dingin. Cadangan lemak yang banyak tentu akan menjadi sumber lemak yang lebih baik bagi tubuh untuk bertahan hidup di kondisi yang lebih dingin. Disamping itu, secara mental, tubuh memang akan merasa bahwa makanan yang disajikan dalam suhu udara yang lebih rendah akan terasa lebih nikmat dan memicu tubuh untuk menyantap banyak makanan dengan sangat lahap atau bahkan berlebihan.

Baca Juga:  Impotensi Pada Perempuan

Cara Menjaga Kenaikan Badan
Agar tubuh kita tidak mengalami kenaikan berat badan dengan signifikan, maka ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang bisa menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang lama layaknya ikan laut yang kaya omega 3. Selain itu, makanan berdaging atau telur yang kaya sumber protein bisa membuat tubuh menjadi lebih lama merasa kenyang. Kita juga bisa menambahkan minuman coklat panas yang enak namun bisa mencegah kenaikan berat badan berlebihan di musim hujan.