Waspada! Kegemukan Ternyata Bisa Memicu Penyakit Ginjal

DokterSehat.Com – Pada peringatan Hari Ginjal Sedunia tahun ini, pakar kesehatan menyoroti tingginya kasus penyakit ginjal yang disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Padahal, berdasarkan data kesehatan pada tahun 2014 lalu, setidaknya ada 600 juta orang dewasa secara global yang terkena masalah obesitas. Hal ini berarti, cukup banyak orang yang memiliki resiko terkena penyakit ginjal kronik.

doktersehat-gendut-perut-buncit

Pakar kesehatan dr. Dharmeizar Sp.PD-KGH menyebutkan jika kondisi obesitas memang bisa mempengaruhi fungsi ginjal dengan signifikan. Kondisi badan yang kegemukan ternyata bisa memicu ginjal bekerja dengan berlebihan selama bertahun-tahun sehingga hal ini akan membuat ginjal lebih mudah rusak. Tak hanya itu, kelebihan berat badan juga secara tidak langsung memperparah masalah tekanan darah tinggi dan juga penyakit diabetes mellitus. Padahal, kedua masalah kesehatan ini termasuk dalam faktor resiko penyebab munculnya penyakit ginjal.

Mereka yang mengalami obesitas memiliki massa tubuh yang cenderung lebih besar sehingga ginjal pun terpaksa bekerja dengan jauh lebih keras demi menyaring sekaligus membuang berbagai zat-zat kotor dan beracun di dalam tubuh. Karena tekanan yang terlalu tinggi inilah, maka kerusakan ginjal bisa terjadi. Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan penderita penyakit ginjal yang mengalami obesitas ternyata mengalami kerusakan ginjal yang sangat rumit dan bisa mencapai tingkat sel. Menurut dr. Dharmeizar, kerusakan ini disebabkan oleh tingginya peradangan, stress oksidatif, naiknya produksi insulin, dan juga metabolisme lipid yang tidak normal pada ginjal.

Dengan tubuh yang sangat gemuk, tingkat keasaman urine juga cenderung menurun, namun sebaliknya, asam urat, sodium, oksalat urine, hingga sekresi fosfat justru cenderung naik. Hal ini ikut membuat kinerja ginjal semakin berat.

Melihat betapa besarnya pengaruh berat badan pada kesehatan ginjal, maka ada baiknya kita lebih baik dalam menjaga berat badan kita demi mencegah munculnya berbagai penyakit ginjal yang bisa sangat menyiksa dan berbahaya.