Waspada Kanker Serviks Disebabkan Oleh Gaya Hidup Yang Kurang Sehat

DokterSehat.Com – Kanker serviks adalah jenis penyakit kanker yang paling ganas dan paling mematikan bagi wanita di seluruh dunia. Badan kesehatan dunia (WHO) bahkan mencatat bahwa di Indonesia saja telah ada lebih dari 8.000 kasus kematian pada kaum wanita yang disebabkan oleh kanker serviks. Melihat adanya resiko yang sangat besar ini, para wanita tentu harus berhati-hati dan melakukan pencegahan kanker serviks sedini mungkin. Tahukah anda, kanker serviks ternyata lebih sering terjadi karena faktor gaya hidup wanita yang kurang sehat. Berikut adalah beberapa gaya hidup yang dianggap mampu meningkatkan resiko wanita terkena kanker serviks.

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Pola makan adalah salah satu hal yang memicu masalah kanker serviks. Banyak wanita yang menyukai bahan makanan yang mengandung banyak zat-zat berbahaya layaknya zat pewarna, pengawet, atau perasa buatan. Bahan kimia ini jika dikonsumsi dalam waktu lama akan membuat tubuh beresiko terkena kanker serviks. Sebagai contoh, makanan mie instan yang kaya dengan bahan kimia jika sering dikonsumsi akan menambah resiko tubuh terkena kanker serviks. Selain itu, makanan yang banyak mengandung borax dan jajanan pinggir jalan yang kurang sehat juga bisa menambah resiko terkena penyakit ini.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol juga dianggap sebagai gaya hidup yang membuat wanita memiliki resiko terkena masalah kanker serviks. Yayasan Kanker Indonesia bahkan menuturkan bahwa mereka yang merokok akan memiliki resiko 15,6 persen lebih besar untuk terkena masalah kanker serviks. Wanita tentu harus sebisa mungkin menghindari kedua hal ini untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Jika anda adalah orang yang suka berganti-ganti partner hubungan seksual, maka anda juga beresiko terkena kanker serviks cukup tinggi. Tahukah anda, virus yang menyebabkan kanker serviks juga bisa terdapat pada alat kelamin laki-laki yang sebelumnya juga berhubungan dengan wanita yang sudah terinfeksi virus tersebut. Selain itu, wanita yang cenderung memiliki tubuh yang kelebihan berat badan juga beresiko terkena kanker serviks cukup tinggi sehingga ada baiknya wanita pun harus menjaga berat badannya agar tetap ideal sehingga tubuh pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.