Waspada Kanker Mulut! Kenali Gejala Dan Cara Mencegahnya

DokterSehat.Com – Kanker rongga mulut adalah sebutan umum dari tumor ganas yang terjadi dalam rongga mulut, termasuk kanker bibir, kanker gingiva, kanker lidah, kanker langit-langit rongga mulut, kanker rahang, kanker dasar mulut, kanker orofaringeal, kanker kelenjar ludah, kanker sinus maksilaris dan kanker yang terjadi di selaput lendir kulit pada bagian muka.

3

Penyebab kanker mulut ini yaitu disebabkan karena adanya pertumbuhan sel-sel yang banyak sehingga tidak terkontrol oleh sebab itu terjadi gangguan pada jaringan kepala dan leher. Sel-sel pada tubuh manusia memiliki siklus hidup dan mati. Namun, tidak begitu dengan sel kanker mulut ini, sel kanker ini terus bermutasi, menyebar dan menyerang organ-organ yang ada disekitarnya sehingga menyebabkan kondisi abnormal pada mulut. Kanker mulut ini merupakan penyakit yang berbahaya seperti kanker yang lainnya dan tidak mustahil akan membawa penderitanya pada kematian. Nah, karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap kanker mulut, berikut akan kami uraikan apa saja gejala awal kanker mulut.

Gejala awal kanker mulut :

  • Sulit berbicara
  • Muncul benjolan di dalam mulut
  • Terjadinya pendarahan atau terasa nyeri di sekitar bibir dan mulut
  • Adanya bercak putih atau merah pada mulut
  • Sulit untuk menggerakan lidah atau rahang
  • Mati rasa di area mulut atau wajah
  • Adanya penebalan pipi
  • Sulit mengunyah dan menelan makanan

Menurut penelitian terdapat  1 orang meninggal dunia akibat kanker mulut dalam setiap jamnya. Saat ini pemeriksaan dan pencegahan dini sangat berguna untuk mengurangi kematian yang di sebabkan oleh kanker mulut. Berikut cara untuk mencegah terjadinya kanker mulut, marilah kita simak pembahasan di bawah ini :

  • Hindari mengkonsumsi alkohol dan merokok
    Seseorang yang tidak mengkonsumsi alkohol dan merokok jaringan saraf dalam mulutnya akan mampu melawan bakteri datang hingga akan jauh dari resiko kanker mulut, sebaliknya orang yang mengkonsumsi alkohol dan merokok, jaringan pada mulutnya akan semakin memburuk sehingga bakteri yang akan dengan mudah berkembang bersama karsinogen pada mulut seseorang.
  • Melakukan pemeriksaan mulut
    Hal ini diperlukan untu melihat kondisi kesehatan mulut anda secara kesuluruhan. Apalagi jika anda memiliki gigi yang berlubang atau mengalami keluhan-keluhan seperti gejala awal yang telah di sebutkan di atas sangat penting untuk melakukan pemeriksaan, karena ini dapat mengantisipasi terjadinya kanker mulut.
  • Memakai pasta gigi sesuai keluhan yang anda rasakan
    Memakai pasta gigi sesuai dengan keluhan yang anda rasakan merupakan salah satu pecegahan, misalkan apabila anda mengalami gigi sensitif maka gunakanlah pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Apabila anda menggunakan pasta gigi yang tidak sesuai di khawatirkan akan memperburuk keadaan sehingga sel kanker akan sangat mudah untuk tumbuh.
  • Memakai pembersih mulut
    Memakai pembersih mulut setelah mengosok gigi merupakan salah satu poin penting dalam mencegah terjadinya kanker mulut. Dimana pemakaian ini harus dilakukan saat bangun tidur dan sebelum tidur. Mengapa saat bangun tidur? Karena saat anda bangun tidur, pembersih mulut ini akan menumpas bakteri yang telah berkembang saat mulut tertutup karena tertidur. Sedangkan penggunaan pembersih mulut sebelum tidur, bertujuan untuk mengusir bakteri atau sisa-sisa penumpukan makanan yang telah anda konsumsi sepanjang hari. Secara otomastis anda sudah menghindari resiko kanker mulut.
Baca Juga:  Alasan Kenapa Tidur Telanjang Baik Untuk Anda

Itulah cara mencegah mulut agar tidak terkena kanker. Hampir semua kanker dapat di hindari dengan perubahan gaya hidup sehat. Oleh karena itu segeralah anda rubah gaya hidup anda jangan sampai menyesal di kemudian hari.