Waspada Juling / Strabismus pada Anak

DokterSehat.Com – Pada umumnya kedua mata berkerja sama untuk memandang suatu obyek. Otak kemudian akan menyatukan kedua gambar menjadi satu gambar tiga dimensi dan juga memberikan persepsi kedalaman. Pada strabismus, mata memandang tidak searah dan melihat pada titik yang berbeda, contohnya : pada saat satu mata memandang lurus ke depan maka mata satunya akan memandang ke dalam, ke luar, ke bawah, dan ke atas. Strabismus ini bisa terjadi pada sekitar 3% anak anak, baik perempuan maupun laki laki.

doktersehat-mata-malas-ambliopia

Strabismus dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, yaitu kesalahan dari pembiasan cahaya yang masuk ke mata, ketidakseimbangan dari tarikan tarikan otot yang mengatur gerakan bola mata, gangguan persyarafan pada mata, dan kelumpuhan otot yang mengatur pergerakan bola mata. Riwayat keluarga sendiri juga berperan dalam kemungkinan seorang anak mnederita strabismus.

Sebuah petanda yang mudah dalam mengenali strabismus adalah sebelah mata tidak lurus atau tidak terlihat memandang ke arah yang sama saat melihat suatu benda. Pada seseorang yang strabismus juga dapat mengeluhkan adanya penglihatan ganda karena mata melihat dua objek atau titik yang berbeda.

Penanganan strabismus sendiri dimaksudkan untuk melindungi fungsi penglihatan dan meluruskan atau menyamakan arah penglihatan mata. Ada beberapa penanganan pada penderita strabismus yang biasa diberikan oleh dokter tergantung dari penyebabnya :

  1. Kacamata

Strabismus yang disebabkan oleh kesalahan pembiasan cahaya dapat menggunakan kacamata untuk memperbaiki pembiasan tersebut sehingga diharapkan setelah menggunakan kacamata , penderita dapat meluruskan mata sepenuhnya atau paling tidak memperbaiki posisi mata.

  1. Penutup Mata

Pada anak yang menderita juling dan juga mata malas, anak dapat dipaksa untuk menggunakan mata yang malas tersebut dengan cara menutupi mata yang sehat. Penggunaan penutup mata ini harus sesuai anjuran dokter dan diusahan anak berumur kurang dari 8 tahun.

  1. Operasi
Baca Juga:  Teknologi Bisa Ganggu Intimasi Keluarga, Benarkah?

Jika penyebab juling adalah kerusakan pada otot otot mata, tindakan operasi dapat dijadikan suatu pilihan untuk membantu mengoreksi penglihatan juling tersebut.