Waspada! Jika Tubuh Mengeluarkan Aroma Seperti Sebagai Berikut

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh kita bisa mengeluarkan aroma tertentu. Pada beberapa bagian tubuh, kita bisa mendapati aroma yang cenderung asam, wangi, atau bahkan aroma-aroma lainnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss baru-baru ini ternyata menunjukkan jika beberapa jenis aroma yang dikeluarkan oleh tubuh sebaiknya kita waspadai. Apa sajakah aroma tubuh tersebut?

doktersehat-mulut-bau

Bau nafas yang mirip layaknya aroma buah
Pakar kesehatan Robert Gabbay MD, PhD, yang berasal dari Joslin Diabetes Center berkata bahwa andai nafas kita berbau layaknya buah, bisa jadi hal ini menandakan adanya komplikasi diabetes yang disebut sebagai diabetic ketoacidosis atau DKA. Mereka yang terkena diabetes tipe 1 juga cenderung mudah mengalami bau nafas ini. Karena kondisi kesehatan ini, tubuh tidak mampu memproduksi energi sehingga pembakaran asam lemak justru menghasilkan senyawa kimia keton. Komponen utama keton yang disebut aseton inilah yang membuat nafas berbau harum layaknya buah.

Bau kotoran yang busuk
Bau kotoran memang cenderung tidak sedap, namun, jika saat buang air besar kita mencium bau yang sangat busuk, bisa jadi ini adalah tanda bahwa usus kecil kita tidak memproduksi enzim laktase dengan cukup. Karena hal ini, maka laktosa pun segera dikirim ke usus besar untuk difermentasi sehingga menimbulkan bau yang cukup menyengat.

Bau urine yang menyengat
Jika saat buang air kecil kita merasakan bau yang cukup menyengat, bisa jadi kita sedang mengalami infeksi saluran kemih yang bisa disebabkan oleh bakteri E.Coli. Bagi kaum hawa, infeksi ini wajib diwaspadai mengingat uretra mereka cenderung pendek jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh pria.

Bau kaki
Bau kaki kerap kali terjadi karena adanya infeksi jamur. Dalam beberapa kasus, bau kaki ini juga disertai dengan sisik pada sela jari, kulit kaki yang terlihat kering, hingga munculnya ruam-ruam pada kulit kaki. Meskipun terlihat biasa saja, ada baiknya kita mewaspadai infeksi jamur ini agar tidak bisa memicu masalah kesehatan lainnya layaknya selulitis hingga infeksi bakteri yang masuk melalui jaringan lunak pada kulit.

Baca Juga:  Makanan Cepat Saji Ternyata Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut
Bau mulut yang tetap muncul meskipun kita sudah menyikat gigi bisa jadi adalah tanda dari masalah sleep apnea. Saat kita tertidur, kita bisa mendengkur atau mengalami henti nafas yang bisa membuat mulut menjadi lebih kering. Kondisi ini sangatlah ideal bagi bakteri penyebab bau mulut untuk berkembang biak dan memproduksi gas sulfur yang membuat mulut kita berbau menyengat.