Waspada, Jika Batuk Tidak Kunjung Sembuh Setelah Dua Minggu

DokterSehat.Com– Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering muncul sehingga kerap kali dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan. Padahal, batuk bisa membuat penderitanya terganggu sehingga kesulitan untuk melakukan berbagai aktifitas atau beristirahat. Memang, untuk mengatasinya, kita bisa membeli obat batuk di toko-toko terdekat atau menggunakan beberapa bahan alami. Sayangnya, kadangkala batuk ini tidak kunjung sembuh meski kita sudah berusaha untuk mengobatinya.

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa seharusnya batuk sudah mereda sebelum dua pekan. Jika hingga waktu tersebut batuk tak kunjung mereda, ada baiknya kita mewaspadai beberapa masalah kesehatan yang lebih serius seperti berikut ini.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa batuk yang tak kunjung sembuh hingga dua pekan bisa jadi adalah gejala dari masalah kesehatan seperti TBC atau tuberkulosis, asma, infeksi saluran pernafasan layaknya bronchitis, pneumonia, dan lain sebagainya. Mengingat penyakit-penyakit tersebut sangatlah berbahaya, kita tentu harus segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui apa penyebab dari tak kunjung sembuhnya batuk dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Untuk meredakan batuk tersebut, ada baiknya kita mulai memperbanyak istirahat dan memastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini diharapkan mampu membuat daya tahan tubuh meningkat dan akhirnya menyembuhkan batuk. Selain itu, pastikan untuk memperbanyak asupan air putih yang akan membuat tenggorokan menjadi lebih lembab sekaligus menurunkan rasa gatal.

Untuk membantu meredakan batuk, kita bisa mengkonsumsi campuran madu dan perasan lemon atau berkumur dengan air hangat yang dicampur garam. Selain itu, hindarilah mengkonsumsi gorengan, makanan pedas, makanan berlemak, serta makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin. Agar tidak menularkan batuk ini ke orang lain, pastikan untuk mengunakan masker saat berbicara atau berkumpul dengan orang lain.