Waspada Jika Anak Menunjukkan Gejala-Gejala Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu tidak ingin melihat anaknya jatuh sakit. Sayangnya, kadangkala gejala-gejala awal dari masalah kesehatan yang dialami anak tidak bisa dideteksi karena memang tidak begitu jelas. Berikut adalah beberapa gejala kesehatan yang muncul pada tubuh anak yang sebaiknya diwaspadai. Jika gejala ini muncul, jangan ragu untuk segera memeriksakan anak ke dokter.

doktersehat-anak-sakit-termometer

Tumbuhnya tahi lalat
Tahi lalat memang wajar muncul pada tubuh siapa saja. Namun, jika tahi lalat ini tumbuh dengan posisi menumpuk atau berdekatan dengan ukuran yang berbeda, ada baiknya anak segera diperiksakan ke dokter.

Rambut rontok
Sangat jarang kita menemukan anak yang mengalami rambut rontok. Jika anak mengalami hal ini, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu. Hanya saja, untuk memastikan apa yang terjadi, ada baiknya anak diperiksakan ke dokter.

Ubun-ubun bayi membesar
Pakar kesehatan menyarankan orang tua untuk segera memeriksakan anak ke dokter andai ubun-ubun bayi terlihat membesar dengan tidak normal karena bisa jadi ini adalah gejala dari beberapa jenis penyakit.

Masalah pendengaran
Jika anak tidak bereaksi saat anda panggil atau anda beritahu, bisa jadi Ia mengalami masalah pendengaran atau masalah mental yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Terus merasa haus
Banyak minum memang baik bagi kesehatan anak, namun, jika anak selalu merasa haus meskipun sudah minum dengan cukup, bisa jadi hal ini adalah pertanda masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Mendengkur
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa anak yang mendengkur dengan keras bisa jadi menandakan bahwa anak sedang mengalami gangguan pernafasan.

Berkurangnya nafsu makan
Jika anak tiba-tiba saja malas makan, mengalami gangguan tidur, atau tidak lagi aktif dan ceria, maka besar kemungkinan Ia sedang mengalami masalah kesehatan yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.