Waspada Jika Ada Darah Saat BAB

Dokter Sehat – Jika Anda buang air besar lalu keluar bercak darah, jangan dianggap sepele. Bisa jadi ini merupakan gejala awal dari kanker kolorektal atau kanker usus besar, penyakit ini adalah kanker peringkat kedua yang mematikan. Normalnya, tidak boleh ada da­rah dalam tinja. Begitu ditemukan ada darah, kita harus was­pada dan segera melakukan pe­me­riksaan di rumah sakit. Usus berpotensi terkena kanker, kan­ker kanker usus ini merupakan je­nis kanker yang bisa disem­buh­kan dan dicegah perkem­bangannya.



Menurut data WHO, setiap tahunnya diperkirakan sekitar  608.000 orang meninggal karena kanker kolorektal. Penyebab pasti kanker ini memang belum diketahui, tetapi ada beberapa hal yang meningkatkan risiko, antara lain pola makan tidak sehat, memiliki radang usus, merokok, serta faktor usia lanjut.

Gejala-gejala kanker kolorektal meliputi perdarahan pada usus besar yang ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar, diare atau sembelit tanpa sebab yang jelas, penurunan berat badan meski tidak sedang diet, kelelahan, dan rasa sakit di perut atau bagian belakang.