Waspada, Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Madu

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang memiliki rasa manis namun sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah gula. Madu sendiri termasuk dalam makanan yang rendah kalori dan tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah. Karena alasan inilah kini semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakan madu sebagai pengganti gula demi mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti diabetes.

doktersehat-madu-untuk-anak-batuk

Meskipun sehat, pakar kesehatan ternyata tidak merekomendasikan kondumsi madu dalam jumlah yang banyak karena bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. Apa sajakah dampak buruk tersebut?

Masalah kesehatan gigi
Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA National Nutrient Database, sekitar 82 persen dari gula yang beredar di pasaran ternyata memiliki kandungan gula. Alhasil, jika kita mengkonsumsi banyak madu, kita juga akan mengkonsumsi banyak gula. Meskipun kandungan gula pada madu ini alami, tetap saja mengkonsumsinya akan membuat gula ini menempel pada gigi dan akhirnya memicu erosi pada email gigi atau masalah gigi berlubang.

Mempengaruhi saluran pencernaan
Madu ternyata memiliki kandungan asam yang bisa mengikis saluran pencernaan seperti kerongkongan, lambung dan usus. Kerap mengkonsumsinya dengan berlebihan tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan jangka panjang. Tak hanya itu, mengkonsumsinya dengan berlebihan juga bisa berefek pada masalah sembelit yang tentu akan membuat perut terasa tidak nyaman.

Menaikkan berat badan
Meskipun sehat, mengkonsumsi madu dengan berlebihan membuat kita bisa mengalami kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan fruktosa pada madu.

Menurunkan tekanan darah
Meskipun terlihat layaknya hal yang baik bagi kesehatan, tekanan darah yang turun dengan drastis ternyata bisa memicu gangguan fungsi hati yang tidak bisa disepelekan. Sayangnya, hal ini bisa terjadi akibat dari mengkonsumsi madu yang terlalu banyak.

Baca Juga:  Kini, Madu dan Kurma Tak Lagi Lebih Sehat Dari Gula

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk membatasi asupan madu harian hingga sekitar 50 ml atau sekitar 10 sendok teh saja agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya yang maksimal.