Waspada, Jangan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Ini Bersama Dengan Soda

DokterSehat.Com– Meskipun sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan minuman yang tidak sehat dan mampu menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, dalam realitanya minuman bersoda masih digemari oleh sebagian masyarakat. Sensasi rasa yang manis dan menyegarkan yang disajikan oleh minuman bersoda memang akan sangat nikmat untuk dikonsumsi, apalagi jika suhu udara sedang sangat panas. Sayangnya, minuman bersoda ini bisa memberikan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

doktersehat-minuman-soda

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kita konsumsi bersamaan dengan minuman bersoda. Apa sajakah makanan dan minuman tersebut?

Makanan dam minuman yang memiliki bahan dasar susu
Beberapa jenis kue atau makanan lainnya yang dibuat dengan menggunakan susu sebaiknya tidak dikonsumsi bersama dengan minuman bersoda. Jika kita mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, kombinasi susu dan soda ini akan meningkatkan keasaman perut dan akhirnya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kram perut, acid reflux, dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Kopi
Mengkonsumsi kopi bersama dengan minuman bersoda bisa menyimpan bahaya tersendiri mengingat kadar kafein yang tinggi dari kedua bahan minuman ini. Mengkonsumsinya akan membuat kita akan mengalami masalah insomnia, tidur dengan mimpi buruk, dan berbagai gangguan tidur lainnya. Tak hanya akan menurunkan kualitas tidur, kita juga akan terbangun dengan rasa lelah, lesu, dan kurang bersemangat.

Makanan pedas
Masyarakat tanah air termasuk sangat suka dengan makanan dengan rasa yang pedas karena bisa memberikan sensasi segar dan mantap saat dikonsumsi. Sayangnya, jika kita mengkonsumsi makanan pedas ini bersamaan dengan minuman bersoda, maka suhu tubuh akan meningkat dan memicu kenaikan kadar asam sulfur dalam tubuh.