Waspada, Jangan Biarkan Anak-Anak Bermain Air Banjir

DokterSehat.Com – Cuaca yang ekstrim belakangan ini membuat cukup banyak daerah di tanah air terkena bencana banjir. Tak hanya membuat masyarakat bersiap untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman, adanya bencana banjir membuat masyarakat harus waspada akan berbagai macam penyakit yang memang biasa muncul beriringan dengan bencana ini. Para orang tua yang memiliki anak-anak juga sebaiknya melarang anak-anaknya bermain dengan air banjir meskipun memang terlihat sangat mengasyikkan. Berikut adalah alasan mengapa air banjir bisa berbahaya bagi anak-anak.

doktersehat-anak-kecil-hujan

Air banjir kotor dan penuh limbah
Air banjir biasanya sangat kotor karena tercampur dengan berbagai sampah, kotoran, urine, air got, hingga air pembuangan limbah. Pada air banjir, kita bisa menemukan cukup banyak bakteri berbahaya layaknya bakteri e.Coli, giardia, hepatitis A, kolera, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, berbagai cairan kimia yang berbahaya juga bisa ditemukan pada air banjir. Jika anak-anak bermain dengan air banjir, dikhawatirkan air banjir ini tertelan dan bisa memicu infeksi atau berbagai penyakit yang cukup serius.

Benda-benda tajam di balik air banjir
Air banjir yang kotor bisa membawa berbagai benda tajam layaknya pecahan kaca, kawat, cabang pohon, atau bahkan batu-batuan. Andai anak-anak bermain di air banjir, bisa jadi mereka akan terkena benda tajam tersebut dan terluka. Padahal, kombinasi luka dan air banjir bisa memicu infeksi atau bahkan penyakit berbahaya layaknya tetanus.

Bahaya selokan atau lubang
Air banjir juga cenderung keruh sehingga membuat anak-anak yang bermain tidak bisa melihat adanya selokan atau lubang. Jika tanpa sengaja anak mendekatinya, dikhawatirkan anak akan terperosok atau bahkan tenggelam.

Nyamuk
Air banjir yang menggenang dalam waktu yang lama jelas akan menjadi tempat yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Jika anak bermain-main dengan air banjir, dikhawatirkan mereka lebih mudah tergigit nyamuk yang bisa saja menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.