Waspada, Jangan Berhubungan Intim Saat Terkena Sembelit

DokterSehat.Com– Pernahkah anda merasa sudah sangat bergairah untuk melakukan hubungan intim namun urung untuk melakukannya karena perut terasa tidak nyaman akibat dari sembelit? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita memang sebaiknya tidak melakukan hubungan intim saat terkena masalah pencernaan tersebut karena andai tetap dilakukan, ada resiko besar bagi kesehatan. Seperti apakah masalah kesehatan tersebut?

doktersehat-masalah-pasangan-seks

Pakar kesehatan obgyn yang bernama Yvonne Bohn, MD dari Cystex menyebutkan jika saat kita terkena sembelit, kondisi dubur dan juga usus besar kita akan penuh dengan kotoran. Yang menjadi masalah adalah, tak hanya kotoran yang menumpuk pada saluran pencernaan tersebut, namun juga gas buang yang biasanya memiliki aroma yang sangat busuk. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut layaknya kembung, rasa sakit, hingga kram. Lantas, apa kaitan dari rasa tidak nyaman pada perut ini dengan berhubungan intim?

Menurut Bohn, andai seorang wanita sudah mengalami sembelit lebih dari tiga hari namun tetap memaksakan diri untuk berhubungan intim, maka Ia justru akan merasakan sensasi sakit yang luar biasa saat melakukannya. Jika hal ini dilakukan, Ia bahkan bisa mengalami masalah kesehatan layaknya infeksi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menumpuk akan memicu banyaknya bakteri pada dubur. Bakteri-bakteri ini bisa menyebar ke bagian vagina kaum hawa. Jika wanita melakukan hubungan intim, maka bakteri ini akan ikut masuk ke dalam saluran kencing sehingga akan memicu infeksi saluran kencing atau infeksi vagina.

Yang menarik adalah, meskipun tidak disarankan untuk dilakukan, berhubungan intim saat sembelit justru bisa membantu wanita melancarkan buang air besarnya karena penetrasi justru bisa menekan kotoran agar mudah keluar. Pakar kesehatan seksual sendiri menyarankan posisi woman on top yang bisa membantu perut terasa tetap nyaman saat berhubungan intim saat sedang mengalami sembelit.