Waspada Jalan Melambat Bisa Jadi Tanda Alzheimer

DokterSehat.Com – Kecepatan berjalan kaki para orang tua yang mulai melambat tidak selalu akibat menurunnya tenaga mereka. Itu bisa jadi tanda awal kemunculan demensia yang bisa berujung pada Alzheimer. Peneliti menemukan hubungan antara kecepatan berjalan yang melambat menjadi ciri menurunnya tingkat protein di otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.



Kemungkinan terjadi kerusakan senyawa sel beta-amyloid yang merupakan kunci bagi gerak tubuh, ujar Dr. Louise Walker dari Alzheimer Society. Dalam penelitian yang melibatkan 128 lelaki dan perempuan berusia 70 tahun, ditemukan bahwa tidak semua dari mereka memiliki masalah pada memori.

Namun setelah peneliti meminta mereka berjalan dengan kecepatan normal lalu dites kemampuan otaknya, ditemukan bahwa orang dengan sel beta-amyloid yang lebih tinggi cenderung berjalan melambat.

Masalah memori adalah gejala yang paling dikenali dari penyakit Alzheimer. Tapi ternyata gerak yang melambat juga bisa menjadi gejala awal kemunculan alzheimer, pungkasnya.

BACA JUGA : Bahaya Jika Membiarkan Tidur Mendengkur