Waspada, Inilah Bahaya Memakai Sepatu di dalam Rumah

bakteri-sepatu-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Selain sandal, sepatu merupakan alas kaki yang banyak digemari oleh hampir semua orang. Tidak hanya sebagai alas kaki saja, sepatu bisa digunakan untuk membuat penampilan semakin menarik. Dengan berbagai macam model yang dimilikinya, sepatu dapat digunakan pada setiap acara, baik formal maupun nonformal, misalnya nongkrong bersama teman-teman.

Photo Credit: pexels.com

Sepatu umumnya digunakan pada saat beraktivitas di luar rumah. Tentu saja, saat di luar Anda tidak akan berpikir bahwa sepatu yang sedang Anda kenakan tersebut tidak membawa kotoran. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sepatu yang masuk ke dalam rumah ternyata membawa dampak besar yang sedang mengintai kesehatan Anda, karena sepatu yang biasanya dikenakan di luar rumah biasanya akan membawa bakteri jika dikenakan di dalam rumah.

Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli mikrobiologi, Dr. Charles Gerba dan professor di University of Arizona, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa sepatu mengandung 421.000 bakteri di bagian luar dan 2.887 bakteri di bagian dalam. Jenis bakteri yang ada di dalam sepatu adalah Escherichia coli, Klebsiella Pneumonia dan Serratia ficaria yang dapat menyebabkan infeksi berbahaya.

Bakteri tersebut pada dasarnya Anda bawa dari luar rumah yang Anda injak dan menempel pada sepatu. Dan jika Anda mengenakan sepatu tersebut di dalam rumah, maka kemungkinan besar semua bakteri yang Anda injak tersebut juga akan masuk ke dalam rumah.

Bahaya tersebut akan semakin parah jika sepatu yang dikenakan jarang Anda cuci. Karena, sepatu yang jarang dicuci atau dibersihkan bisa membuat bakteri yang menempel semakin banyak. Bahkan, sepatu baru pun tidak menjamin akan terhindar dari bakteri. Ada sedikitnya 440.000 bakteri yang terdapat di dalam sepatu baru.

Untuk itu, sangat disarankan untuk mencuci sepatu terlebih dahulu sebelum dipakai. Dan jika saat Anda mengenakan sepatu dan menginjak kotoran., sebaiknya bersihkan terlebih dahulu permukaan sepatu tersebut. Membersihkan sepatu dengan deterjen dipercaya dapat membunuh bakteri sebesar 90 persen. Jadi, akan lebih baik jika sepatu Anda cuci secara rutin agar terhindar dari bahaya bakteri.