Waspada, Ikut Harbolnas Dengan Berlebihan Bisa Memicu Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Hari belanja online (Harbolnas) membuat kita memiliki kesempatan untuk membeli banyak barang dengan harga yang murah. Hal ini membuat kita bisa mengecek laptop atau ponsel pintar kita seharian demi mencari barang-barang diskonan yang bisa jadi kita butuhkan. Meskipun terlihat menyenangkan untuk dilakukan, hal ini ternyata juga bisa memicu datangnya masalah kesehatan lho.

black-friday-shopping-belanja-doktersehat

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa tren belanja online yang digandrungi oleh masyarakat yang sebenarnya ditujukan untuk mempermudah aktifitas manusia ternyata bisa memicu datangnya berbagai masalah kesehatan, khususnya dalam hal membuat otot menjadi lebih lemah karena jarang digunakan. Tanpa kita sadari, belanja online akan membuat kita cenderung malas bergerak dan diam dalam waktu yang sangat lama. Tak hanya membuat otot semakin melemah, hal ini bisa saja memicu masalah berat badan, apalagi jika kita kerap mengkonsumsi camilan saat mencari barang-barang belanjaan secara online.

Karen Middleton dari Charter Society of Physiotherapy menyebutkan bahwa hal yang berbeda terjadi jika kita masih berbelanja di pusat perbelanjaan. Tak hanya membuat kita membawa tas belanja yang cenderung berat, hal ini juga akan membuat kita banyak berjalan. Berbagai aktifitas ini bisa memberikan manfaat yang setara layaknya saat kita berolahraga.

Jika kita terbiasa berbelanja online atau malas bergerak sejak usia muda, maka besar kemungkinkan kita akan mulai mengalami penurunan massa otot pada usia 40-an. Bahkan, kesehatan dan kekuatan tulang juga bisa terganggu karenanya. Tak hanya itu, banyaknya diskon yang dikeluarkan di Harbolnas seperti sekarang ini bisa membuat kita terpapar sinar biru dari gadget yang tentu bisa berbahaya bagi kesehatan mata dan hormon dalam tubuh kita.

Baca Juga:  Tubuh Terasa Seperti Ini? Saatnya Kita Kembali Olahraga

Jangan berlebihan saat ikut harbolnas, ya! Belilah yang dibutuhkan saja demi kesehatan dan keuangan kita.