Waspada, 5 Hal Sepele Ini Pertanda Anda Kena Diabetes!

DokterSehat.Com– Banyak orang yang tidak menyadari tanda-tanda awal dari diabetes. Memang diabetes cenderung tidak langsung membuat penderitanya mengalami gejala kesehatan yang serius. Padahal, jika sampai diabetes tidak dikendalikan dengan baik, risiko untuk terkena komplikasi yang mematikan pun meningkat.

diabetes-doktersehat

Dikutip dari Boldsky, terdapat beberapa tanda awal dari diabetes yang kerap kali tidak kita sadari seperti sebagai berikut.

  1. Sering sekali ingin buang air kecil, termasuk saat tidur

Kadar gula darah yang terus meningkat membuat tubuh akan berusaha untuk terus menyaringnya dengan menggunakan ginjal. Sayangnya, penyaringan gula ini akan menarik sejumlah besar cairan tubuh yang berimbas pada semakin sering kita ingin buang air kecil. Bahkan, saat kita sudah tidur malam pun, keinginan untuk buang air kecil tetap tinggi sehingga membuat kita kerap terbangun.

  1. Terus merasa haus

Karena semakin banyak cairan tubuh yang tertarik demi menyaring gula, maka tubuh pun akan bereaksi dengan cara meningkatkan rasa haus agar kita semakin banyak minum demi menggantikan cairan tubuh yang hilang.

  1. Bau napas

    Karena tubuh kesulitan untuk mengolah glukosa dalam darah menjadi energi, maka tubuh akan mencari sumber energi lain, yakni lemak. Proses pengolahan lemak menjadi energi ini disebut sebagai ketosis dan bisa memicu aroma yang sangat buruk pada napas kita. Selain itu, mulut juga akan terasa jauh lebih kering.

  1. Terus merasa lapar

Tidak mampunya tubuh mengolah glukosa dalam darah membuat otak memberikan sinyal untuk terus mencari sumber energi. Hal inilah yang membuat kita terus merasa lapar dan ingin makan.

  1. Kulit leher dan ketiak menghitam

Salah satu gejala dari diabetes tipe dua adalah menghitamnya kulit, khususnya pada bagian ketiak atau leher meski jarang terkena paparan sinar matahari langsung.

Sobat Sehat tidak mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda tersebut, kan?