Waspada, Gigi Goyang Bisa Jadi Adalah Tanda Diabetes

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti oleh manusia di seluruh dunia, khususnya di tanah air, adalah penyakit diabetes. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang mematikan atau bahkan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Yang menjadi masalah adalah, seringkali diabetes tidak menimbulkan gejala-gejala tertentu hingga akhirnya menimbulkan komplikasi tersebut.

doktersehat-sakit-karang-gigi

Pakar kesehatan menyebutkan jika diabetes disebabkan oleh menurunnya produksi insulin dalam tubuh yang membuat kadar gula dalam darah pun meningkat drastis. Hal ini ternyata bisa menimbulkan gangguan pada berbagai bagian tubuh manusia, termasuk pada rongga mulut. Dalam sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal berjudul American Academy of Periodontology, disebutkan bahwa penderita diabetes ternyata cukup rentan untuk terkena masalah kesehatan periodontal, yakni penyakit yang yang menyerang jaringan penyangga gigi baik itu gusi ataupun tulang alveolar.

Penyakit periodontal sendiri kerap kali diawali oleh munculnya plak pada gigi. Sayangnya, bagi penderita diabetes, jaringan periodontalnya tidak mampu melawan semakin menumpuknya kuman pada plak gigi tersebut sehingga akhirnya menyebabkan jaringan ini rusak. Jika jaringan periodontal ini sudah rusak, maka jaringan ini pun akan mulai mengeluarkan nanah. Setelahnya, tulang penyangga juga akan semakin terkikis dan pada akhirnya menyebabkan gigi goyang atau bahkan tanggal.

Tak hanya menyebabkan gigi goyang, diabetes ternyata juga bisa menyebabkan masalah gigi yang disebut sebagai xerostomia. Kondisi ini bisa menyebabkan mulut terasa sangat kering akibat dari semakin menurunnya produksi air liur. Selain itu, masalah kesehatan ini juga akan meningkatkan resiko karies pada gigi.

Jika anda mulai mengalami gejala berupa gigi bergoyang, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan, khususnya kondisi kadar gula dalam darah karena bisa jadi hal ini adalah tanda dari penyakit diabetes yang tentu tidak bisa disepelekan begitu saja.