Waspada, Gejala Virus Corona Sulit Dibedakan dengan Flu Biasa

DokterSehat.Com – Isu kesehatan perlu diwaspadai oleh calon jamaah yang akan pergi ke Arab Saudi, salah satunya adalah tentang bahayanya virus Corona. Sama seperti virus yang menyerang pernapasan lainnya, virus Corona sangat mudah menyebar melalui udara.

18

Virus dengan nama lengkap novel coronavirus (nCoV) merupakan keluarga coronavirus, yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome, serta berbagai penyakit pada hewan.

Ini merupakan virus turunannya SARS, disebut new SARS. Virus ini berbahaya dan gejalanya susah dibedakan dari flu biasa, tutur Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Praktisi klinis dari FKUI-RSCM.

Menurut Dr Ari, virus corona sangat berbahaya karena dapat menular dari orang ke orang, serta tingkat mortalitasnya yang tinggi. Dan karena masih tergolong baru, hingga saat ini belum ditemukan vaksin khusus yang diperuntukkan untuk mencegah virus corona.

Yang cukup mengkhawatirkan, gejala virus ini mirip dengan flu biasa, hanya saja lebih cepat menyebar ke paru, menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah atau pneumonia, serta radang paru.

Gejalanya susah dibedakan dari flu lain, seperti batuk-batuk, bersin, demam tinggi, lanjut dokter yang pernah menjadi tim dokter petugas haji.

Orang-orang dengan kekebalan tubuh rendah adalah yang paling rentan terinfeksi virus mematikan ini, seperti orang yang sedang sakit, lansia, anak kecil, orang yang sedang kelelahan, dalam perjalanan dan makan tidak teratur.

Untuk pencegahannya, gunakan masker dan sering-sering cuci tangan karena virus tersebut banyak tersebar di lendir, batuk, dahak, tangan atau pegangan pintu.