Waspada Gejala Serangan Jantung yang Muncul Satu Bulan Sebelumnya Ini

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang menyebabkan kematian paling tinggi di seluruh dunia adalah serangan jantung. Biasanya, hal ini disebabkan karena tidak cukupnya suplai darah menuju jantung sehingga jantung pun tidak lagi mampu berfungsi dengan baik. Meskipun kerap kali datang mendadak, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada gejala serangan jantung yang bisa kita waspadai sejak sebulan sebelumnya. Apa sajakah gejala tersebut?

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Tubuh yang terasa sangat lemah
Jika kita merasakan sensasi lemah pada tubuh yang sangat tidak biasa, maka ada baiknya kita waspada karena bisa jadi ini adalah tanda dari serangan jantung. Rasa lemah ini disebabkan oleh menurunnya aliran darah dan lemahnya sirkulasi darah di sekujur tubuh. Biasanya hal ini juga disertai oleh semakin sempitnya pembuluh darah arteri dan lemahnya otot menuju jantung.

Pusing kepala
Sirkulasi darah yang buruk akan berimbas pada menurunnya aliran darah ke kepala. Alhasil, otak pun kekurangan asupan oksigen yang dibawa dalam darah sehingga menyebabkan sakit kepala.

Munculnya keringat dingin
Keringat dingin kerap kali muncul saat tubuh berada dalam tekanan, stress, atau adanya penyakit tertentu seperti serangan jantung. Keringat dingin yang merupakan tanda serangan jantung ini menandakan bahwa aliran darah tidak lancar.

Nyeri pada dada
Rasa sakit pada dada atau bagian tubuh lainnya layaknya lengan, punggung, hingga bahu bisa jadi adalah tanda dari masalah pada organ jantung yang tentu harus diperiksakan ke dokter.

Flu atau demam
Meskipun terlihat seperti penyakit yang sepele, banyak penderita serangan jantung yang mengaku mengalami gejala seperti flu dan demam sebelum serangan jantung akhirnya datang.

Sesak nafas
Telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa pasien serangan jantung melaporkan gejala sesak nafas sebelum serangan jantung ini datang. Hal ini disebabkan oleh paru-paru yang tidak lagi mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga memicu tekanan pada paru-paru.

Baca Juga:  Serangan Jantung - Pencegahan dan Perubahan Gaya Hidup

Mual-mual dan masalah pencernaan lainnya
Mual-mual, naiknya asam lambung, hingga penyakit maag bisa jadi adalah tanda dari serangan jantung.