Waspada Gejala Kanker Tiroid

DokterSehat.Com – Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang terdapat di tubuh manusia yang merupakan kelenjar penghasil hormon yang sangat penting bagi tubuh manusia .Salah satu fungsi kelenjar tiroid mengatur kecepatan pembakaran energi dalam tubuh.Kelenjar tiroid ini juga berfungsi membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon yang lain, mungkin banyak orang yang sangat asing dengan yang namanya kelenjar tiroid, termasuk salah satunya anda.

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Hal ini wajar karena organ ini kurang menjadi perhatian meskipun fungsinya sama penting dengan organ lain, menurut penelitian, lokasi organ ini ada di bagian depan leher persis dibawah laring atau pita suara dan berbentuk seperti kupu-kupu.Kelenjar tiroid merupakan salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia, kelenjar tiroid dapat mengalami perubahan akan fungsinya yang penyebabnya belum terlalu jelas namun kemungkinan berhubungan dengan faktor makanan ( kelebihan atau kekurangan yodium), sejarah paparan radiasi, peningkatan sekresi estrogen, faktor genetik atau dikarenakan berkembang dari pernyakit tiroid jinak seperti nodular gondok, hipertiroid, tiroid adenoma, terutama tiroiditis limfositik kronis.

Gejala kelenjar tiroid beberapa penderita dapat di rasakan namun tahap awal gejala kelenjar tiroid tidak ada gejala yang terlihat terutama di jaringan tiroid bila ditekan terasa keras atau tidak rata di benjolan, Beberapa penderita mungkin tidak ada benjolan jelas, leher, tulang rusuk, kanker metastatik tulang untuk kinerja luar biasa. Dimana nodul, salah satu situasi berikut dapat menjadi risiko kanker tiroid.

Gejala kanker tiroid :

  • Benjolan di leher depan
    Tepat dibawah jakun, jika ada benjolan disana, anda sebaiknya siaga. Sebab terkadang benjolan yang merupakan gejala awal timbulnya kanker tiroid bisa tumbuh perlahan atau cepat sekal.
  • Sulit bicara
    Jika penyakit bergerak kejaringa sekitar, seperti pita suara, biasanya penderita akan mengalami kesulitan bicara dan suaranya berubah serak.
  • Kelenjar getah bening
    Penderita kanker tiroid juga merasakan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada di leher, dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut bisa dirasakan.
  • Sulit menelan
    Selain sulit berbicara, benjolan di tiroid juga menekan kerongkongan, sehingga penderita merasa kesulitan saat menelan makanan.
  • Sulit bernapas
    Dalam beberapa kasus, benjolan bahkan bisa menyempitkan tenggorokan, sehingga pasien kanker tiroid juga kesulitan dalam bernapas.
  • Nyeri leher
    Karena adanya benjolan dan tekanan terhadap saraf di sekitar leher, bagian tersebut terkadang terasa nyeri. Bahkan nyeri tersebut bisa menyebar sampai ke telinga.