Waspada, Gara-Gara Medsos Kita Bisa Kena Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Media sosial atau medsos kini telah menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sebagian orang sehari-hari. Di tempat inilah kita bisa mendapatkan informasi terkini atau mengekspresikan diri. Sayangnya, telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa media sosial bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

doktersehat-anak-main-handphone-gadget

Banyak orang yang mengaku mengalami penyakit hati seperti iri atau tidak suka dengan postingan orang lain yang kehidupannya terlihat lebih menyenangkan daripada kehidupannya. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa kebiasaan memainkan media sosial ternyata bisa berimbas pada tubuh yang semakin jarang bergerak. Padahal, tubuh yang kurang gerak tentu akan meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya.

Pakar kesehatan dr. Leny Pintowari, SpKO yang merupakan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyebutkan bahwa di jaman dimana semakin banyak orang memainkan media sosial ini, semakin banyak orang yang terkena penyakit jantung di usia muda seperti 30 hingga 40 tahun. Selain itu, penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga kanker. Gejala dari penyakit-penyakit berbahaya ini adalah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, asam urat tinggi, dan lain sebagainya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mengalihkan waktu saat bermain media sosial untuk kegiatan yang lebih positif. Sebagai contoh, jika saat bangun tidur kita biasa mengecek media sosial, gantilah kebiasaan ini dengan langsung melakukan olahraga sembari menikmati sinar matahari pagi yang menyehatkan.