Waspada Efek Samping Setelah Minum Susu Berikut Ini

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan berbagai manfaat kesehatan dari susu seperti menurunkan resiko terkena resiko osteoporosis, penyakit jantung, hingga kanker payudara. Sayangnya, mengkonsumsi susu ternyata juga bisa memberikan beberapa efek samping bagi tubuh seperti sebagai berikut

doktersehat-susu-keju-telur

Gangguan pencernaan
Cukup banyak orang yang ternyata mengalami intoleransi laktosa, kondisi dimana tubuh tidak memiliki kemampuan dalam memecah laktosa pada makanan atau minuman tertentu seperti susu. Gejala intoleransi laktosa ini bisa berupa mual-mual, diare, hingga kram pada perut. Biasanya, gejala intoleransi laktosa ini muncul sekitar 30 menit hingga 2 jam setelah mengkonsumsi susu.

Mengingat penderita intoleransi laktosa bisa mengalami gejala ini meskipun hanya meminum susu satu gelas saja, pakar kesehatan menyarankan mereka untuk mencari susu yang memiliki tambahan enzim laktase atau susu yang rendah atau bebas laktosa. Beberapa jenis produk fermentasi susu seperti yoghurt juga bisa dijadikan solusi.

Gangguan penyerapan zat besi
Susu ternyata bisa berefek buruk bagi saluran pencernaan dalam menyerap zat besi. Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak yang terlalu banyak mengkonsumsi susu. Yang menjadi masalah adalah, jika hal ini terjadi, maka resiko untuk terkena anemia bisa meningkat.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan bayi di bawah 1 tahun tidak mengkonsumsi susu sapi. Sementara itu, anak balita tidak boleh mengkonsumsi susu lebih banyak dari 3 gelas dalam sehari.

Menyebabkan jerawat
Bagi sebagian orang, mengkonsumsi susu ternyata bisa menyebabkan datangnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan insulin dan hormon pertumbuhan bernama IGF-1 yang bisa memicu jerawat pada wajah.

Alergi
Alergi susu tidak bisa disamakan sebagai intoleransi laktosa. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala seperti batuk, tenggorokan yang terasa sesak, sakit perut, muntah, hingga mata-mata yang gatal dan tubuh yang membengkak. Alergi ini bisa muncul hanya beberapa menit setelah minum susu.