Waspada, Coronavirus Novel, Virus Baru Mematikan!

Doktersehat.comCoronavirus novel merupakan virus baru yang mematikan. Kemunculan virus ini begitu mengkhawatirkan berbagai negara sebab coronavirus novel mirip dengan virus SARS yang membahayakan kesehatan dan jiwa penderitanya.



Seseorang yang telah terinfeksi virus ini akan mengalami batuk, demam, sulit bernapas atau sesak napas.  Infeksi yang umumnya muncul adalah pneumonia, dan menyebabkan gagal ginjal dan kematian dalam beberapa kasus.

Virus ini hampir sama dengan virus SARS. Namun, bedanya coronavirus novel dapat menyebabkan gagal ginjal sementara virus SARS tidak. Sebagaimana yang dilansir Everydayhealth, sementara ini coronavirus tidak menunjukkan tanda-tanda penularan dari orang ke orang seperti virus SARS.

Para ahli belum bisa memastikan bagaimana manusia terinfeksi. Namun, virus ini berkaitan erat dengan virus kelelawar. Dugaan sementara sumber infeksi berasal dari kelelawar, kambing, atau unta.

WHO menegaskan virus baru ini mungkin menyebar di negara lain, tidak hanya Timur Tengah dan menyarankan agar departemen kesehatan tiap negara melakukan tes setiap orang yang menderita radang paru yang sulit dijelaskan.

Sumber: okezone.com