Waspada Cedera Telinga Akibat Naik Pesawat

DokterSehat.Com – Cedera telinga akibat bepergian menggunakan pesawat atau sering disebut barotrauma di dunia medis sering dialami oleh para penumpang pesawat , seringkali kita mendengar anak kecil menangis ketika pesawat lepas landas ataupun mendarat, hal tersebut tanpa disadari oleh orang tua merupakan suatu sinyal bahwa anak merasakan sakit di telinga akibat perubahan tekanan yang mendadak antara tekanan di dalam telinga dan di atmosfer.

doktersehat-pesawat

Perbedaan tekanan didalam dan luar telinga tersebut idealnya disamakan kembali oleh suatu saluran di telinga yang disebut saluran tuba eusthacius, tetapi pada perubahan tekanan yang cepat kadang tidak diikuti oleh reaksi cepat tuba eusthacius. Akibatnya terjadilah barotrauma.

Tanda dan gejala yang terdapat pada barotrauma yaitu rasa tidak nyaman di telinga, nyeri telinga ringan sampai berat, telinga terasa penuh, pendengaran bergemuruh atau berdenging, kurangnya pendengaran, perdarahan pada telinga, dapat pula disertai dengan vertigo dan mual. Gangguan pada barotrauma tersebut pada umumnya tidak berat dan bersifat sementara. Barotrauma bisa membaik dengan cara kita menelan, mengunyah, atau mengemut permen. Tindakan tindakan diatas dapat membuka saluran tuba eusthacius sehingga menyeimbangkan kembali kondisi tekanan di dalam gendang telinga dengan tekanan di lingkungan sekitar sehingga keluhan barotrauma pun bisa berkurang bahkan menghilang. Pada anak kecil , cara paling mudah adalah dengan menyusuinya atau memberikannya permen.

Semua gejala dan tanda diatas dapat menjadi lebih berat dan buruk jika terjadi pada mereka yang sedang mengalami influenza, sinusitis, infeksi tenggorokkan ataupun baru saja mengalami operasi pada telinga. Maka rencanakan ulang penerbangan anda jika anda sedang dalam kondisi kondisi tersebut karena fungsi tuba eustachius akan jauh lebih berkurang dengan adanya sumbatan akibat infeksi yang sedang anda alami.

Baca Juga:  RS. Atma Jaya

Bila keluhan keluhan diatas memberat ataupun tidak berkurang dan menetap selama beberapa jam setelah penerbangan ataupun terdapat perdarahan telinga, demam atau nyeri yang sangat hebat, hubungi dokter untuk mendapat pertolongan segera