Waspada Bunda, Permen Asam Bisa Bikin Lidah Anak Berlubang

DokterSehat.Com – Seorang Ibu di Australia, terkejut melihat lubang di lidah anaknya yang disebabkan oleh permen asam. Seperti dilansir dari metro.co.uk, Lachlan Canak, (7), asal Sydney, Australia pada awalnya berpikir ia bisa makan permen sebelum berangkat ke sekolah tanpa ada yang mengetahui.



Namun, setelah beberapa menit, ia mengeluh kepada ibunya, Hayley, jika lidahnya sakit. Hayley kemudian sangat terkejut melihat lidah anaknya telah luka dan berlubang.

Permen yang membakar lidah Lachlan adalah Warheads Juniors Extreme Sour. Permen ini mengandung asam malat, dan dipasarkan sebagai permen ekstrim oleh perusahaan Impact Confections. Pada kemasan permen ini, disebutkan boleh untuk dikonsumsi anak usia 4 tahun keatas.

Selain itu pada kotak kemasannya juga terdapat label peringatan yang menyatakan, jika makan beberapa potong dalam waktu singkat dapat menyebabkan iritasi pada lidah dan mulut.

Asam malat adalah asam hidroksi (mengandung oksigen) yang merupakan zat seperti sirop atau kristal dan memiliki rasa asam yang kuat namun menyenangkan. Zat ini terdapat di banyak buah seperti dalam apel hijau, kismis, dan buah asam lainnya.

Lachlan baru bisa makan seperti biasa, setelah seminggu lidahnya sakit dan terasa seperti terbakar.

Maka dari itu bunda, waspadalah terhadap makanan, minuman atau permen yang dikonsumsi oleh anak Anda, perhatikan komposisinya, apakah ada bahan yang berbahaya atau tidak, agar kejadian seperti ini tidak menimpa buah hati Anda.