Waspada, Berikut Adalah Tanda Dari Tubuh yang Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang banyak diidap oleh masyarakat modern adalah kadar kolesterol yang tinggi. Bagaimana tidak, gaya hidup yang buruk, khususnya dalam melakukan pola makan yang kurang sehat membuat semakin banyak orang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Padahal, tingginya kadar kolesterol ini bisa berimbas pada resiko penyakit jantung dan masalah pada pembuluh darah. Sebenarnya, apakah ada tanda-tanda dari tubuh yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Pakar kesehatan menyebutkan jika tanda-tanda tersebut ada seperti sebagai berikut.

doktersehat-kolesterol

Sering pusing pada bagian belakang kepala
Tanda pertama jika kadar kolesterol dalam tubuh cukup tinggi adalah seringnya kita mengalami pusing-pusing yang terasa pada bagian belakang kepala. Hal ini biasanya terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala yang disebabkan oleh banyaknya plak yang terbentuk karena kolesterol. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka pembuluh darah bisa saja pecah dan memicu serangan stroke.

Tengkuk mudah pegal
Selain pusing-pusing, area tengkuk juga bisa mudah mengalami pegal-pegal dan kadang bisa menjalar ke area pundak. Hal ini menjadi tanda ketidaklancaran sirkulasi darah pada area tersebut yang seringkali disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi karena plak akibat dari kolesterol.

Dada kiri yang mudah merasakan sensasi tertusuk
Dada kiri adalah tempat organ jantung berada, jika kadar kolesterol tinggi dan telah menyebabkan plak pada pembuluh darah di sekitar jantung, maka bisa saja ada rasa nyeri layaknya tertusuk pada area sekitar jantung. Jika sensasi ini kerap terjadi, maka bisa jadi ini adalah tanda-tanda dari serangan jantung.

Pegal dan kesemutan pada tangan dan kaki
Rasa pegal-pegal dan kesemutan yang kerap terjadi pada tangan dan kaki yang muncul meskipun kita tidak sedang dalam aktivitas berat atau dalam kondisi tertekuk, bisa jadi adalah tanda dari tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yang tentu harus segera diwaspadai.