Waspada, Benda-Benda Yang Tampak Bersih Ini Bisa Mengandung Jutaan Kuman

DokterSehat.Com – Bakteri ada di sekitar kita, di udara, di air, dan mungkin di benda-benda yang sering kita pegang sehari-hari. Nah, berikut ini adalah beerapa benda yang tampaknya bersih namun mengandung banyak kuman pula:



  1. Cucian yang bersih

Pakaian dalam kotor Anda mengandung 100 juta bakteri E.coli yang bisa tertingal di dalam mesin cuci Anda dan dapat mengkontaminasi pakaian yang Anda cuci berikutnya. Deterjen yang Anda gunakan untuk mencuci tidak serta merta membersihkan mesin cuci Anda dari bakteri. Setidaknya Anda harus memanaskan mesin cuci hingga 140 atau 150 derajat untuk membunug kuman.

  1. Potongan lemon di dalam minuman

Lemon mungkin memiliki efek antibakterial. Namun potongan lemon dalam gelas Anda mengandung banyak kuman. Sebuah penelitian mendapatkan 70% dari 76 potongan lemon yang berasal dari 21 restoran mengandung mikroba yang berbahaya bagi kesehatan. Penelitian lain yang dilakukan oleh ABC News dan New York University menemukan setengah dari potongan lemon yang dikumpulkan positif mengandung material feses manusia. Hal ini mungkin terjadi akibat proses memasak dan penyajian yang kurang higienis.

  1. Kaca depan mobil

Peneliti dari Arizone mengambil sampel dari reservoir air pencuci mobil dan menemukan Legionella dalam jumlah banyak. Bakteri tersebut diketahui dapat menyebabkan pneumonia yang serius. Apabila air tersebut digunakan mencuci, ia dapat menguap dan masuk ke dalam mobil melalui ventilasi udara dan menyerang kesehatan paru Anda. Larutan methanol lebih baik digunakan karena mengandung zat antibakterial.

  1. Baju baru

Philip Tierno, Ph.D, kepala bagian mikrobiologi dan imunologi New York Universiti menguji pakaian baru daru toko dan menemukan berbagai material flora kulit, feses, dan sekret respirasi. Cuci baju baru Anda dalam air panas sebelum menggunakannya. Dan jangan lupa selalu mencuci tangan Anda setelah shopping.

  1. Dashboard mobil
Baca Juga:  Terkena Fobia Muntah, Gadis Ini Hanya Bisa Makan Keju

Gerba melakukan uji bakteri pada 100 mobil dan menemukan bahwa dashboard adalah tempat nomor dua paling terkontaminasi dalam mobil Anda, setelah tumpahan makanan. Hal ini dikarenakan air conditioner maupun pemanas mobil menium bakteri ke dalam mobil Anda dan berdiam di dashboard hingga mereka berkembang biak di bawah panasnya matahari. Bersihkan dashboard dengan disinfektan sedikitnya sekali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan mobil Anda.

  1. Wadah lensa kontak

Penelitian di China menunjukkan 34% wadah lensa kontak yang diperiksa mengandung kuman Serratia dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan peradangan kornea mata hingga kebutaan. Lindungi mata Anda denan membuang cairan di dalam wadah dan mencuci wadah tersebut dengan air panas setiap hari, menggantinya setiap tiga bulan, dan beli cairan pembersih baru setiap delapan minggu karena kemampuannya membunuh bakteri berkurang dan hilang setelah dua bulan.