Waspada Batuk Dan Dahak Berdarah

DokterSehat.Com – Dalam bahasa kedokteran batuk berdarah dikenal dengan istilah hemoptisis atau hemoptoe yaitu keluarnya darah atau dahak berdarah dari paru-paru dan tenggorokan (saluran pernapasan) ketika batuk.

6

Batuk darah tidak sama dengan pendarahan dari mulut, kerongkongan (esofagus), atau saluran pencernaan yang biasanya dikeluarkan melalui muntah (harus dibedakan) pada batuk berdarah, darah keluar ketika batuk dan sering terlihat bergelembung seperti busa karena bercampur dengan udara dan lendir.

Beberapa penyakit yang menimbulkan dahak berdarah

  • TBC
    30% kasus batuk berdarah disebabkan oleh penyakit TBC. Gejala penyakit TBC yang parah adalah batuk berdarah karena pecahnya pembuluh darah pada saluran pernafasan.
  • Kanker
    Pertumbuhan tak terkendali dari sel kanker di paru-paru dapat merusak jaringan lainnya dalam saluran pernafasan. Hal tersebut dapat menimbulkan darah keluar sehingga terjadi gejala dahak yang berdarah.
  • Batuk disertai flu yang parah
    Batuk flu ringan biasanya memiliki gejala batuk dengan dahak yang berwarna hijau bening. Namun apabila tak kunjung sembuh bahkan menjadi-jadi tidak jarang dahak akan semakin menjadi merah karena batuk yang terlalu sering dan keras hingga pembuluh darah di saluran pernafasan menjadi pecah.
  • Infeksi saluran pencernaan
    Darah pada dahak juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Cara mengatasi batuk serta dahak berdarah :

  • Makan makanan bervitamin
    Untuk tindakan pencegahan anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Vitamin A, C dan E dapat menjadi kunci untuk mencegah penyakit yang menyebabkan batuk dan dahak mengandung darah.
  • Madu
    Madu juga dapat mengurangi batuk yang dapat menyebabkan batuk dan dahak mengandung darah. Selain itu madu juga mengandung anti oksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.
  • Kunyit dan kencur
    Keduanya adalah obat batuk berdahak yang alami. Caranya adalah dengan cara merebus kunyit dan kencur dengan air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.
  • Mintalah saran dokter
    Yang tidak boleh anda lupakan jika mengalami batuk disertai dahak yang mengandung darah adalah anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Mintalah saran dokter mengenai apa yang harus anda lakukan, karena pemeriksaan yang intensif adalah cara yang paling tepat untuk menemukan solusi dari penyakit yang anda derita.
Baca Juga:  Seni Phone Sex Yang Perlu Anda Ketahui