Waspada Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Membakar obat nyamuk merupakan salah satu cara alami dan sudah menjadi atau kebiasaan pada masyarakat pedesaan untuk mengusir nyamuk yang ada di kamar tidur atau ruangan lain di rumah.  Pemakaian obat nyamuk terutama di negara Indonesia, paling banyak ditemukan dalam masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah karena harga obat nyamuk bakar yang terjangkau.

11

Bagi anda yang sering memanfaatkan obat nyamuk bakar sebagai fungsi pengusir nyamuk, sudahkah mengetahui tingkat keamanan dalam penggunaannya untuk kesehatan tubuh? Karena asap yang dikeluarkan oleh obat nyamuk adalah mengandung polutan yang bisa menjadi pemicu timbulnya suatu penyakit yang serius.

Berikut adalah cara yang tepat untuk menghindari anda dan keluarga dari pengaruh negatif penggunaan obat nyamuk :

  • Hindari dari anak-anak dan ibu hamil
    Anda dapat membuat jadwal yang tepat untuk membakar obat nyamuk ketika anak anda tidak berada di ruangan tersebut. Bagaimanapun anak-anak sangat rentan apalagi dengan asap dari obat nyamuk, dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan pernapasannya. Begitu juga dengan penggunaan di dekat ibu hamil, bahayanya sama dengan mendekati diri anda pada mereka yang sedang merokok.
  • Letakan pada tempat yang benar
    Anda dapat meletakan obat nyamuk di bawah tempat tidur sehingga anda tidak terkena langsung dengan asap yang dihasilkan dari obat nyamuk, selain itu jangan meletakan obat nyamuk disamping badan anda, anda bisa meletakan di dekat telapak kaki sehingga mengurangi kemungkinan asap terhirup oleh anda. Simpan di tempat yang lebih rendah dari aktivitas anda (lantai).
  • Jarak tidak terlalu dekat
    Penggunaan obat nyamuk memang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk akan tetapi jika justru membahayakan kesehatan anda, itu tidak tepat. Letakan dengan jarak obat nyamuk dengan aktivitas anda 1,5 meter. Anda juga dapat menggunakan obat nyamuk pada sore hari sebelum aktivitas anda di malam hari dilakukan, sehingga bisa dikeluarkan dari ruangan anda.
  • Ruang dengan ventilasi yang cukup
    Anda sering terbatuk-batuk karena penggunaan obat nyamuk, mungkin karena diantaranya anda menggunakan obat nyamuk pada ruangan yang sedikit ventilasi. Segera ubah kebiasaan anda untuk menggunakan obat nyamuk di ruangan tertutup apalagi di dalam ruangan tersebut terdapat anda dan keluarga. Dampak buruk yang akan terjadi adalah gangguan pernapasan seperti sesak napas. Letakan obat nyamuk dearah dengan aliran udara sehingga asapnya tidak mengganggu anda.