Waspada Bahaya Kecanduan Gula

DokterSehat.Com – Apapun bentuknya, kecanduan adalah hal yang tidak terlalu bagus bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang mengalami kecanduan merokok sehingga tubuhnya pun akan terus terpapar racun dan berbagai zat-zat berbahaya yang bisa memberikan dampak negatif pada tubuh layaknya penyakit berbahaya. Tahukah anda, tanpa kita sadari masyarakat modern sebenarnya sedang mengalami kecanduan gula. Makanan modern ternyata memiliki kandungan gula yang jauh lebih tinggi dari makanan di masa lampau dan kita hampir tidak bisa menghindari makanan-makanan ini dari konsumsi harian kita.



Gula bisa memberikan rasa manis yang hampir selalu disukai semua orang. Sebagai contoh, sebagian masyarakat tanah air terbiasa mengkonsumsi teh manis dengan mencampur gula ke dalam teh. Teh tawar tanpa gula pun cenderung akan kurang laku di masyarakat meskipun menawarkan khasiat kesehatan yang jauh lebih baik dan rasa yang tetap enak meskipun tidak semanis biasanya. Padahal, gula yang berlebihan dalam tubuh tentu akan bisa memberikan resiko besar terkena penyakit diabetes, kanker, hingga gangguan jantung. Selain itu, hati juga bisa mengalami gangguan dan hormon-hormon dalam tubuh pun bisa mengalami ketidakseimbangan.

Pakar kesehatan menyebut bahwa dalam sehari seorang pria sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 9 sendok teh sementara itu wanita sebaiknya mengkonsumsi gula tidak lebih banyak dari 6 sendok teh. Yang menjadi masalah adalah, kita tidak akan bisa mengukur dengan pasti seberapa banyak kadar gula dalam makanan layaknya roti yang sering kita makan sebagai camilan. Adakah cara yang efektif untuk mengurangi kecanduan gula ini?

Kita bisa mulai mengkonsumsi bahan makanan yang terbuat dari gandum untuk makanan-makanan yang terasa manis. Membuat brownies atau cookies yang biasanya mengandung banyak gula bisa kita siasati dengan memakai bahan gandum sebagai bahan utamanya. Camilan gandum juga bisa mengurangi konsumsi gula berlebihan. Kita juga sebaiknya mengurangi konsumsi permen yang ternyata juga sangat kaya dengan gula. Jika kita ingin memakan camilan, ada baiknya kita mulai melirik buah sebagai camilan yang sehat dan bebas dari kandungan gula. Kita juga bisa memakai coklat hitam yang dilarutkan dengan buah berry untuk dijadikan camilan yang rendah gula. Selain itu, kita harus membatasi konsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda ternyata menyumbang kandungan gula yang sangat besar sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.