Waspada, Bahaya Darah Tinggi yang Sangat Mematikan

DokterSehat.Com – Mungkin sudah sangat sering kita membaca bahaya darah tinggi atau hipertensi, namun tidak banyak perubahan dari dalam diri untuk segera berobat teratur ataupun menghindarinya.

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup sering terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Darah tinggi atau hipertensi ini dapat terjadi ketika tekanan darahyang mengalir di dalam tubuh kita menjadi lebih tinggi dan diatas tekanan darah normal yang dianjurkan. Biasanya, tekanan darahyang normal pada manusia adalah berkisar pada angka 120–140 mmHg untuk kisaran besaran yang di atas (sistolik), dan 80–90 mmHg untuk kisaran besaran di bawahnya (diastolik). Seseorang akan didiagnosa memiliki tekanan darah yang tinggi ketika menunjukkan angka diatas 140/90.

Perlu diketahui hipertensi sendiri terdiri dari 2 jenis:

  • Hipertensi Primer
    Hipertensi primer merupakan tekanan darah tinggi yang terjadi karena sebab atau alasan medis yang tidak jelas asal usulnya. Hal ini merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang meningkat karena disebabkan oleh faktor non medis, seperti stress, aktivitas yang berlebihan atau terlalu sedikit, gaya hidup yang tidak sehat, keturunan, depresi, beban pikiran yang berlebihan, kelelahan dan lain sebagainya.
  • Hipertensi Sekunder
    Merupakan jenis hipertensi dimana tekanan darah menjadi naik dan meninggi karena pengaruh kondisi medis yang jelas, seperti efek samping dari gangguan-gangguan pada organ tubuh, seperti ginjal, arteri dan lain-lain.

Bahaya Darah Tinggi yang Mematikan
Hampir 90 persen penderita darah tinggi yang diidap masyarakat Indonesia adalah darah tinggi primer. Karena terkadang penyebabanya tidak diketahui maka kita harus lebih jeli faktor resiko apa yang membuat darahnya menjadi tinggi. Kadang perlunya konsultasi dengan dokter untuk menggali penyebab darah seseorang menjadi tinggi.

Bahaya darah tinggi sangat mengerikan bagi nyawa seseorang adalah kematian. Tidak heran darah tinggi termasuk dalam lima besar penyebab kematian di dunia terutama dikarenakan komplikasinya yang sangat berbahaya. Bahaya-bahaya tersebut anatara lain:

  1. Stroke

Darah tinggi merupakan salah satu faktor resiko utama dari penyakit stroke. Faktor resiko utama artinya darah tinggi menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami serangan stroke. Beberapa kasus stroke yang terjadi merupakan kasus yang dipicu oleh hipertensi pada penderitanya. Maka dari itu, ketika anda menyadari tekanan darah anda yang tinggi, ada baiknya anda menjaga pola makan dan menjaga pikiran dari stres agar tidak mudah mengalami gejala hipertensi, sehingga dapat mengurangi resiko terserang stroke.

  1. Retinopati Hipertensif
Baca Juga:  Masyarakat Perkotaan Lebih Rentan Terkena Masalah Kerusakan Saraf Tepi

Retinopati, mungkin dari namanya pasti sudah bisa menebak akan berhubungan dengan mata. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan terjadinya gangguan dan kelainan pada mata, yang dikenal dengan istilah retinopati hipertensif. Retinopati hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang berada pada mata yang pada akhirnya merusak syaraf mata. Itu artinya siapapun yang memiliki penyakit darah tinggi berarti beresiko mengalami kebutaan.

  1. Pecahnya pembuluh darah arteri

Hipertensi juga dapat berdampak pada penyakit pembuluh darah arteri. Biasanya penyakit ini menyerang pembuluh darah arteri manapun terutama jantung dan otak. Akibat tingginya tekanan yang tinggi maka tidak mentup kemungkinan pembuluh darah arteri dapat pecah kapanpun.

  1. Gangguan pada ginjal

Salah satu dampak buruk dari hipertensi, terutama pada hipertensi yang tidak terkontrol adalah munculnya berbagai gangguan pada ginjal. Gangguan pada ginjal ini yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal, yang menimbulkan gejala-gejala seperti :

  • Sulit buang air kecil
  • Intensitas buang air kecil yang sering, namun sedikit
  • Rasa sakit pada bagian perut
  • Keluarnya darah ketika buang air kecil dan besar
  1. Serangan jantung

Salah satu dampak buruk yang muncul dari komplikasi penyakit darah tinggi adalah munculnya serangan jantung. Tekanan darah yang tinggi pada pembuluh darah akan menimbulkan kelainan detak pada jantung, yang akan menimbulkan gangguan kontraksi pada jantung yang menyebabkan seseorang dapat sesak nafas karena sirkulasi oksigen dan karbondioksida tidak seimbang. Begitupun pada pembuluh darah jantung dan rentan tersumbat dan pecah.

Beberapa komplikasi darah tinggi yang berbahaya diatas mudah-mudahan dapat menjadi semangat bagi kita untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah kita supaya tetap normal.