Waspada Bahaya Berbagi Lensa Kontak

DokterSehat.Com – Saat ini, tengah marak penggunaan lensa kontak dimasyarakat, selain itu manfaat penggunaanya pun sudah bukan lagi sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang memiliki gangguan mata, melainkan banyak yang menggunakan lensa kontak sebagai bagian dari trend untuk dijadikan fashion.



Media melaporkan, belakangan ini penggemar film vampir Twilight diperingatkan untuk tidak saling bertukar lensa kontak kosmetik karena bisa berisiko pada kesehatan mata mereka.

Para remaja tersebut membeli lensa kontak kosmetik untuk berdandan ala para tokoh di film Twilight dan Vampire Diaries ketika merayakan Halloween nanti.

Petugas standar perdagangan dan ahli kesehatan menemukan, para remaja itu cenderung bertukar lensa kontak yang mengakibatkan meningkatnya risiko terjangkit ulkus kornea dan infeksi.

Alistair Bridge, direktur strategi di General Optical Council mengatakan, Petugas optik memastikan bahwa lensa kontak miliki ukuran yang pas dan penggunanya menerima saran ahli tentang bagaimana menggunakan dam menyimpannya dengan aman.

Mereka juga akan memberi tahu saran penting seperti tidak tidur dengan lensa kontak masih terpasang di mata dan untuk tidak berbagi atau bertukar lensa kontak karena bisa menyebarkan penyakit mata, lanjutnya.

Sementara itu, Leon Livermore, kepala Chartered Trading Standards Institute berkata, Lensa kontak kosmetik seringkali diproduksi dan didistribusikan dalam satu ukuran dan tidak dibuat untuk memenuhi kebutuhan penggunanya sehingga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan mata.

Kami ingin menyarankan untuk tidak membeli produk semacam ini dari peritel. Karena tanpa pengawasan profesional cenderung berdampak pada masalah kesehatan pada setiap individu, tandasnya, dilansir dari laman Medindia, Senin (26/10/2015).

BACA JUGA : Pentingkah Mencukur Rambut Kemaluan?