Waspada Anak Yang Alergi Rentan Mengalami Sakit Jantung

DokterSehat.Com – Alergi pada anak memang sebaiknya tidak diabaikan. Alergi yang memicu asma atau demam, eksim akan meningkatkan risiko anak terkena penyakit jantung. Hal ini karena mereka rentan mengalami kenaikan tekanan darah dan kolesterol tinggi.

doktersehat-anak-flu-pilek

Peneliti menyebut bahwa anak-anak yang mengalami asma, berpeluang dua kali lebih besar memiliki tekanan darah tinggi dan koleterol jahat tak terkontrol. Hal ini juga memicu peningkatan risiko menderita sakit jantung.

Dengan pengobatan alergi sejak dini maka bisa membantu mencegah timbulnya penyakit jantung saat dewasa, ujar dr Jonathan Silverberg, profesor dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago.

Lebih lanjut ia menambahkan, pada anak dengan gangguan alergi, lebih mungkin untuk memiliki aktivitas fisik yang rendah dan mengalami obesitas dibandingkan anak-anak lainnya. Hal ini pun semakin meningkatkan risiko penyakit jantung saat dewasa.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar anak-anak yang memiliki alergi disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kolesterol lebih awal sebagai langkah deteksi dini.

Memodifikasi gaya hidup, mengonsumsi makanan sehat, melakukan lebih banyak latihan fisik, dan menjalani pengobatan untuk alergi bisa mengurangi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, imbuhnya.

BACA JUGA : Waspadalah Resiko Ini Mengintai Anda Yang Sering Berpergian Jauh