Waspada 2 Jenis Kanker Yang Dapat Menyerang Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Siapa pun pasti menginginkan tubuhnya selalu sehat, apalagi bagi ibu hamil yang di dalam kandungannya berdiam janin. Bagaimana tidak? Ibu hamil akan selalu berusaha menjaga kesehatannya agar janin yang dikandungnya juga tetap sehat. Namun, apa yang terjadi jika kehamilan akan terganggu dengan datangnya sebuah penyakit, seperti kanker?

5

Kanker yang biasa disebut sebagai tumor ganas ini memang salah satu penyakit yang mematikan. Bahkan, obat ataupun operasi sering tidak berhasil saat melawan ganasnya penyakit ini. Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan ketika kanker menyerang saat Anda menikmati proses kehamilan? Padahal kita tahu bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi obat-obatan kimia yang tentu berbahaya bagi perkembangan dan pertumbuhan janin.

Berkembangnya kanker pada tubuh ibu hamil akan menghambat perkembangan janin, seperti menyebabkan kelainan letak janin, menghalangi persalinan, meningkatkan risiko bayi lahir catat dan prematur, dan mengancam terjadinya keguguran (abortus).

Kita mengenal dua jenis kanker yang sangat ditakuti oleh kaum wanita, yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Kedua jenis kanker tersebut merupakan jenis kanker mematikan.

  1. Kanker payudara
    Kanker payudara atau  Carcioma Mammae adalah kanker yang menyerang pada jaringan payudara. Risiko kanker payudara pada kehamilan akan otomatis berkurang seiring dengan usia kehamilan. Jika kanker payudara menyerang saat proses kehamilan makan pengobatannya akan disesuaikan dengan usia kehamilan. Pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan :
  • Kemoterapi
    Kemoterapi boleh dilakukan jika usia kandungan sudah melewati trimester pertama. Bagi ibu hamil yang melakukan kemoterapi, tidak boleh menyusui bayinya karena ASInya mengandung obat-obatan yang dapat membahayakan bayi.
  • Terapi radiasi
    Terapi ini tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Karena itu, terapi ini sebaiknya dilakukan setelah ibu melahirkan bayinya.
  1. Kanker serviks
    Kanker serviks adalah kanker yang menyerang serviks yang berada tepat di bawah kandungan atau uterus. Kanker ini merupakan kanker yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Kemungkinan terburuk dari ibu hamil yang mengidap kanker serviks adalah janin dalam kandungannya akan diangkat. Pengobatan kanker serviks pada masa kehamilan dapat dilakukan dengan memperhatikan usia kehamilan dan tingkat keganasan sel kanker. Biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil melakukan pengobatan seperti :
  • Kemoterapi
    Langkah kempoterapi boleh dilakukan setelah usia kehamilan melewati trimester pertama, yaitu saat janin sudah terbentuk.
  • Operasi
    Operasi ini dilakukan di bawah pengawasan ahli anestesi dan menggunakan jenis obat-obatan yang aman bagi janin.
Baca Juga:  Macam-macam Penyakit Yang Harus Diwaspadai Oleh Wanita

Kanker serviks dan payudara menjadi dua penyakit yang menakutkan bagi perempuan. Karena itu untuk mencegahnya, selalu jaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan Anda sebaik-baiknya. Dan, segeralah memeriksakan kondisi organ kewanitaan Anda kepada dokter jika dirasa muncul beberapa tanda-tanda timbulnya kanker.