Wasir Sudah Seperti Ini? Segera Periksakan ke Dokter

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

DokterSehat.Com– Wasir atau ambeien adalah salah satu penyakit yang cukup sering menyerang masyarakat. Penyakit yang dalam dunia medis disebut sebagai hemoroid ini disebabkan oleh membengkaknya pembuluh darah varises pada bagian rektum atau anus. Kebanyakan orang yang terkena penyakit ini adalah yang berusia 45 hingga 75 tahun meskipun kini juga cukup banyak anak muda yang mengalaminya. Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan penderitanya cukup malu dengan penyakit ini sehingga enggan untuk memeriksakannya ke dokter.

Bukannya sembuh dengan sendirinya, wasir bisa berkembang menjadi lebih parah. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya pendarahan atau bahkan komplikasi lainnya. Jika hal ini sudah terjadi, mau tidak mau penderitanya harus melakukan operasi untuk menyembuhkannya.

Gejala awal wasir biasanya adalah rasa gatal yang cenderung ringan. Sayangnya, gejala awal ini seringkali dianggap sepele sehingga akhirnya menjadi semakin parah. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan semakin membengkaknya benjolan pada anus. Jika hal ini sudah terjadi, pakar kesehatan dr. Alin Charabaty-Pishvaian yang berasal dari MedStar Georgetown University Hospital pun menyebut penderita wasir bisa mengalami pendarahan kapan saja sehingga harus segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter demi mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Pakar kesehatan lainnya, Cuckoo Coudary, MD dari Thomas Jefferson University, Philadelphia, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa ada dua jenis wasir yang patut kita waspadai, yakni wasir eksternal dan internal. Wasir eksternal akan timbul pada saluran anus. Sementara itu, wasir internal berada di bagian atas kanal anus. Keduanya sama-sama berbahaya dan tidak boleh disepelekan begitu saja.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu atau bahkan malu memeriksakan kondisi wasir ke dokter. Segera obati masalah kesehatan ini agar tidak menjadi semakin parah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik