WASIR, Benjolan Yang Membuat Tak Nyaman

DokterSehat.Com – Wasir sering diderita oleh seorang yang berusia lanjut, meskipun begitu tidak menutup kemungkinan wasir juga diderita oleh mereka yang masih muda. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya perubahan gaya hidup seseorang sehingga lebih rentan terhadap wasir.

doktersehat-sakit-perut-kandung-kemih

Wasir sendiri adalah suatu tonjolan dari anus yang juga disertai adanya pelebaran dari pembuluh darah di daerah tersebut. Ada beberapa faktor faktor risiko yang memudahkan seseorang terserang wasir, yaitu BAB yang terlalu keras sehingga membuat seseorang cenderung untuk mengejan berlebihan , usia yang lebih dari 60 tahun memudahkan seseornag untuk menderita wasir karena semua fungsi tubuh akan menurun dan tidak berfungsi optimal ketika usia semakin lanjut, pada ibu hamil wasir sering terjadi karena tekanan yang lebih besar akibat adanya janin dan juga dapat terjadi akibat mengedan pada proses persalinan, seseorang yang kurang minum dan rendah konsumsi sayur serta buah lebih mudah terkena wasir.

Gejala khas yang mudah dikenali dari wasir adalah adanya rasa mengganjal di daerah anus, keluarnya darah dari daerah anus, dan rasa nyeri. Ada empat derajat keparahan dari wasir, derajat satu ditandai dengan darah segar yang menetes dari anus, derajat dua yaitu adanya benjolan yang keluar dari anus, tetapi masih bisa masuk sendiri secara otomatis, derajat tiga yaitu adanya benjolan yang harus dimasukkan kembali secara manual oleh penderita, derajat empat yaitu adanya benjolan yang sudah tidak dapat dimasukkan kembali.

Terapi untuk wasir pada derajat awal dapat berupa diet yang tepat, cara buang air besar yang tepat (kurangi mengejan dan usahakan menggunakan wc jongkok serta tidak terlalu lama duduk di wc), jika sudah derajat yang lebih lanjut , harus dilakukan tindakan tindakan medis untuk menghilangkan benjolan wasir tersebut.

Baca Juga:  Ibu Hamil Merokok, Bagaimana Dampaknya?

Perlu diingat, meskipun salah satu gejala wasir adalah keluarnya darah, kita harus memastikan apakah benar keluar darah tersebut akibat adanya wasir, keluar darah dapat juga diakibatkan adanya keganasan di saluran pencernaan.