Waspada, Gejala Kolesterol Ini Kerap Diabaikan Oleh Banyak Orang

DokterSehat.Com– Stroke dan penyakit jantung masih menjadi masalah kesehatan yang cukup ditakuti banyak orang. Bagaimana tidak, kedua penyakit ini bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Salah satu penyebab dari kedua masalah kesehatan tersebut adalah masalah kolesterol dalam tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memperhatikan kondisi kolesterolnya sehingga memiliki resiko tinggi terkena stroke atau penyakit jantung yang mematikan.

doktersehat-obat-kolesterol-pikun-konsultasi

Sebenarnya, kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk beberapa hormon yang sangat penting. Hanya saja, kita seringkali mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol yang melebihi kebutuhan harian yang hanya di angka 300 saja. Jika kita kerap mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kolesterol, maka kolesterol ini akan semakin menumpuk pada pembuluh darah. Tak hanya membuat tekstur pembuluh darah menjadi semakin kaku karena terbentuknya plak, hal ini juga akan membuat sel darah putih bereaksi untuk mengatasinya. Sayangnya, kondisi ini akan membuat aliran darah semakin mudah tersumbat.

Kebanyakan orang tidak menyadari adanya masalah kolesterol pada tubuhnya karena memang masalah ini tidak banyak memberikan gejala yang cukup jelas. Pakar kesehatan sebenarnya menyebutkan jika masalah kolesterol bisa menyebabkan adanya rasa begah pada perut yang disebabkan oleh menumpuknya lemak pada organ di dalam perut. Tak hanya itu, kepala juga akan mudah mengalami pusing dan tubuh juga akan mengalami gangguan keseimbangan. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kolesterol yang membuat hambatan pada aliran darah menuju otak. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari gejala masalah kolesterol ini dan menganggap tubuhnya masih baik-baik saja.

Melihat betapa besar bahaya yang disebabkan oleh kolesterol, ada baiknya kita rutin melakukan pengecekan kadar kolesterol untuk mengetahui kadar LDL dan trigliserida. Dengan mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, kita bisa menentukan gaya hidup atau pola makan yang tepat agar bisa mengatasi masalah kesehatan ini.