Wasabi Ternyata Bisa Mengatasi Kebotakan Pada Pria

DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan tentang makanan Jepang, hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah sushi. Saat mengkonsumsi sushi tersebut, kita biasanya akan mendapatkan hidangan pelengkap berupa pasta berwarna hijau yang memiliki rasa cukup pedas dan menggigit yang bernama wasabi. Tak hanya dijadikan sebagai hidangan pelengkap sushi, wasabi ternyata disebut-sebut bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kita, khususnya bagi kaum pria. Apakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Sebuah penelitian kesehatan menemukan fakta unik tentang wasabi dimana pasta berwarna hijau in ternyata bisa mengatasi kebotakan pada kaum pria dan membuat rambut mereka tumbuh kembali. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa daun wasabi ternyata memiliki kandungan yang disebut isosaponarin. Kandungan isosaponarin ini mampu merangsang sel papilla yang ada di dalam kulit kepala untuk kembali membuat rambut tumbuh. Tak hanya itu, isosaponarin juga mampu merangsang pertumbuhan protein yang mampu memberikan nutrisi bagi sel papilla untuk kembali bekerja dengan baik. Efek mengatasi kebotakan yang berasal dari kandungan isosaponarin pada daun wasabi ini ternyata tiga kali lebih kuat jika dibandingkan dengan efek bahan minoxidil yang banyak digunakan oleh produk penumbuh rambut pada umumnya.

Tak hanya mampu mengatasi masalah kebotakan, rizoma dari daun wasabi yang dikonsumsi oleh masyarakat Jepang ternyata juga memiliki kandungan 6-MSITC yang mampu memberikan rangsangan pada sel papilla untuk melakukan pertumbuhan rambut pada bagian kepala yang sebelumnya mengalami kebotakan.

Lantas, apakah kita harus mengkonsumsi banyak wasabi yang sangat pedas ini agar bisa mengatasi masalah kebotakan? Kita tidak perlu melakukannya. Kita hanya perlu mengoleskan wasabi yang benar-benar asli, bukan wasabi yang sudah tercampur dengan bahan lainnya, pada kulit kepala yang sudah mengalami kebotakan. Dengan rutin melakukannya, lambat laun rambut akan kembali tumbuh dan masalah kebotakan pun akan sirna.